Pengembangan Dan Validasi Metode Analisis Tablet Kandesartan Sileksetil Dengan Metode Spektrofotometri Ultraviolet Secara Luas Daerah Dibawah Kurva

Nofian, Anisa Herni (2021) Pengembangan Dan Validasi Metode Analisis Tablet Kandesartan Sileksetil Dengan Metode Spektrofotometri Ultraviolet Secara Luas Daerah Dibawah Kurva. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img] Text (bab 1)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (skripsi fulltext)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemeriksaan kadar zat aktif merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam menjamin kualitas sediaan obat, untuk melakukan penetapan kadar obat dibutuhkan suatu metode yang telah tervalidasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan dan validasi metode spektrofotometri ultraviolet secara luas daerah di bawah kurva dalam menganalisis tablet kandesartan sileksetil. Metode ini dilakukan dengan menggunakan tiga pelarut, yaitu etanol, NaOH 0,1 N, dan HCl 0,1 N. Pada penentuan pelarut terpilih etanol sebagai pelarut yang memberikan panjang gelombang serapan maksimum 254,40 nm dengan memberikan bentuk spektrum seperti lonceng dan luas daerah di bawah kurva terukur pada panjang gelombang 243,40-263,00 nm. Hasil penelitian terhadap parameter validasi; linearitas kandesartan sileksetil pada rentang konsentrasi 6-22 μg/ml menunjukkan hasil persamaan regresi linear y = 0,0324x + 0,0084 dengan nilai koefisien korelasi terhadap metode luas daerah di bawah kurva adalah 0,9975, batas deteksi 2,855 μg/ml, batas kuantitasi 9,517 μg/ml, presisi dinyatakan dalam %RSD, presisi intraday dan interday pada metode luas daerah di bawah kurva secara berturut-turut adalah 0,37% ± 0,054 dan 0,57% ± 0,082 dengan rata-rata persen perolehan kembali sebesar 109,86%. Hasil validasi dengan menggunakan metode spektrofotometri ultraviolet secara luas daerah di bawah kurva menunjukkan bahwa semua parameter uji memenuhi persyaratan sebagai metode yang dapat digunakan dalam penetapan kadar tablet kandesartan sileksetil.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: apt. Fithriani Armin, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: kandesartan sileksetil, metode luas daerah di bawah kurva, spektrofotometri ultraviolet
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 15 Oct 2021 01:35
Last Modified: 14 Nov 2022 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92905

Actions (login required)

View Item View Item