Studi Kasus : Gambaran Kelompok Pedagang Pasar Pagi Dalam Penerapan Protokol Kesehatan Untuk Pencegahan Covid-19 di Daerah Pasie Nan Tigo

Sali, Zakiah Msulim (2021) Studi Kasus : Gambaran Kelompok Pedagang Pasar Pagi Dalam Penerapan Protokol Kesehatan Untuk Pencegahan Covid-19 di Daerah Pasie Nan Tigo. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
KIA LENGKAP_SALI ZAKIAH MUSLIM_2041312023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kebijakan pemerintah tentang protokol kesehatan belum berhasil menekan angka kasus kejadian COVID-19 di Indonesia, terbukti dengan angka COVID-19 yang masih tinggi, serta belum mampu mengubah perilaku masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Berbagai pelanggaran terhadap penerapan protokol kesehatan terjadi di berbagai tempat fasilitas umum seperti di pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran terhadap penerapan protokol kesehatan pada pedagang Pasar Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan pasrtisipan yang digunakan yaitu metode snowball. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang partisipan yang berdagang di Pasar Pagi Pasia Nan Tigo. Data yang dikumpulkan berupa rekaman hasil wawancara yang dilengkapi dengan pedoman wawancara. Hasil penelitian mengidentifikasi 3 tema utama yaitu pengetahuan tentang COVID-19, pengetahuan tentang protokol kesehatan dan penerapan protokol kesehatan. Penelitian ini memberikan saran kepada pelayanan keperawatan khususnya Puskesmas terdekat untuk memberikan edukasi kepada pedagang dan pengunjung pasar pagi terkait protokol kesehatan, dan disarankan kepada Kelurahan Pasia Nan Tigo untuk memberikan fasilitas lengkap yang berhubungan dengan protokol kesehatan seperti tempat mencuci tangan yang memadai, menyediakan masker gratis dan memberikan imbauan secara lisan maupun tertulis terkait protokol kesehatan. Kata Kunci : COVID-19, Protokol Kesehatan, Pedagang, Pasar Daftar Pustaka : 41 (2010 – 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Deswita, S.Kp., M.Kep., Sp. Kep. An
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:36
Last Modified: 18 Oct 2021 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92901

Actions (login required)

View Item View Item