PENGARUH KONSELING GIZI DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK GIZI SEIMBANG PADA CALON PENGANTIN WANITA DI KUA LUBUK SIKAPING TAHUN 2020

Atikah, Wulandari (2021) PENGARUH KONSELING GIZI DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK GIZI SEIMBANG PADA CALON PENGANTIN WANITA DI KUA LUBUK SIKAPING TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, April 2021 Atikah Wulandari No.BP.1611221008 PENGARUH KONSELING GIZI DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK GIZI SEIMBANG PADA CALON PENGANTIN WANITA DI KUA LUBUK SIKAPING TAHUN 2020 xii+73 halaman, 12 tabel, 5 gambar, 11 lampiran ABSTRAK Tujuan Konseling mengenai gizi terhadap calon pengantin merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya kekurangan energi kronik pada saat hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pengetahuan dan praktik gizi seimbang pada calon pengantin wanita setelah diberikan konseling mengenai gizi seimbang di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lubuk Sikaping . Metode Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan menggunakan one group pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah Calon pengantin wanita di KUA kecamatan Lubuk Sikaping dengan jumlah sampel 22 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dan analisi data yang digunakan adalah uji paired sample t-test. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum konseling rata-rata skor pengetahuan 12,64 meningkat menjadi 16,91, asupan energi mengalami kenaikan 12,52%, asupan protein naik menjadi 12,25%, asupan lemak 15,83% dan asupan karbohidrat 9,41%. Hasil uji statistik diperoleh adanya perbedaan rata-rata tingkat pengetahuan, asupan energi dan asupan karbohidrat ( p< 0,05) dan tidak ada perbedaan rata-rata asupan protein dan asupan lemak ( p > 0,05). Kesimpulan Konseling gizi berpengaruh meningkatkan pengetahuan, asupan energy dan asupan karbohidrat. Harapan kepada petugas kesehatan setempat agar bekerja sama dengan petugas KUA dalam memberikan konseling dan informasi gizi kepada calon pengantin wanita mengenai gizi seimbang terutama kekurangan energi kronik. Daftar Pustaka : 60 ( 2000 – 2021) Kata Kunci : Lembar Balik, Konseling Gizi, KEK, Pengetahuan, Praktik Gizi Seimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:21
Last Modified: 13 Oct 2021 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92864

Actions (login required)

View Item View Item