PEMANFAATAN JARINGAN KOMUNIKASI DIFABEL DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN (Studi Kasus pada Tunanetra di Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Padang)

Satria, Oki Sanjaya (2021) PEMANFAATAN JARINGAN KOMUNIKASI DIFABEL DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN (Studi Kasus pada Tunanetra di Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
a. Cover dan Abstrak - Satria Oki Sanjaya - Jaringan Komunikasi.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 - Pendahuluan)
b. Bab 1 - Satria Oki Sanjaya - Jaringan Komunikasi.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 - Kesimpulan)
c. Bab 5 Kesimpulan - Satria Oki Sanjaya - Pemanfaatan jaringan komunikasi.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
d. Daftar Pustaka - Satria Oki Sanjaya - Jaringan Komunikasi.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks - Satria Oki Sanjaya - Jaringan Komunikasi)
Satria Oki S - Ilmu Komunikasi - Pemanfaatan Jaringan Komunikasi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jaringan Komunikasi sangat berguna bagi berbagai kalangan, termasuk para disabilitas dalam mendapatkan pekerjaannya. Para tunanetra melalui Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Tuah Sakato Padang membentuk jaringan komunikasi guna menghubungkan para tunanetra dengan pekerjaannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pola jaringan komunikasi yang terjadi dalam hubungan tersebut, struktur jaringan komunikasi, serta peran-peran yang terbentuk dalam jaringan komunikasi. Metode penelitian yang dilakukan bersifat Campuran dengan pendekatan studi kasus. Paradigma penelitian ini adalah konstruktivis dengan teknik pengumpulan data studi dokumen dan wawancara. Objek penelitian adalah para Alumni PSBN Tuah sakato Padang yang berada di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori Granovetter untuk menjelaskan jaringan sosial yang terjadi dalam jaringan. Teknik pengolahan dan analisis data penelitian ini menggunakan analisis jaringan komunikasi dengan menjabarkan analisis utuh. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatra Barat sebagai Triangulator. Hasil penelitian ini adalah jaringan komunikasi membuat para tunanetra mendapatkan pekerjaan. Pada jaringan tersebut terdapat pola jaringan Y dan All Channel. Adanya struktur jaringan komunikasi yang terbentuk berdasarkan norma, ikatan kuat dan lemah antar aktor, dan terdapatnya peran-peran lain yang menjembatani aktor-aktor dalam jaringan, maupun dari luar jaringan. Selain itu, terdapat peranan jaringan komunikasi berupa Opinion leader, Gatekeeper, Cosmopolite, Adanya Bridge, Isolate, Liaison dan adanya Klik dalam jaringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Jaringan Komunikasi, Panti Sosial Bina Netra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:42
Last Modified: 29 Oct 2021 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92854

Actions (login required)

View Item View Item