STUDI PERBAIKAN KADAR KEASAMAN DAN KADAR AIR ETIL ESTER SEBAGAI MINYAK ISOLASI TRANSFORMATOR

Reyhan, Maulvi Pradipta (2021) STUDI PERBAIKAN KADAR KEASAMAN DAN KADAR AIR ETIL ESTER SEBAGAI MINYAK ISOLASI TRANSFORMATOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada transformator terdapat minyak isolasi yang berguna sebagai isolasi dan media pendingin transformator. Minyak isolasi yang biasa digunakan adalah minyak mineral, namun minyak mineral tidak terbaharukan dan memiliki tingkat biodegradasi yang rendah yaitu 30%. Minyak nabati digunakan sebagai alternatif minyak isoalasi karena terbaharukan dan memiliki tingkat biodegradasi yang tinggi yaitu 97%. Minyak monoester diperoleh dari proses reaksi esterifikasi yaitu reaksi suatu asam lemak dengan alkohol yang membentuk ester dan air. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan etil ester dengan kadar keasaman dan kadar air yang rendah sesuai standar ASTM D6871 serta melakukan pengujian secara elektris, fisika dan kimia berdasarkan standar ASTM D6871. Pengurangan kadar keasaman dan kadar air dilakukan menggunakan alat vacuum rotary evaporator dan penambahan bentonit. Hasil penelitian menunjukan tegangan tembus, massa jenis, viskositas, stabilitas oksidasi dan kadar keasaman pada etil ester telah memenuhi standar ASTM D6871. Untuk kadar air pada etil ester telah mengalami penurunan akan tetapi belum memenuhi standar ASTM D6871. Oleh karena itu, diperlukan perlakuan lebih lanjut dalam mengurangi kadar air pada minyak etil ester sebelum dijadikannya minyak isolasi transformator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Abdul Rajab
Uncontrolled Keywords: Minyak Nabati, etil ester, tegangan tembus, massa jenis, viskositas, kadar air, stabilitas oksidasi, kadar keasaman, bentonit, standar ASTM D6871.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:52
Last Modified: 12 Oct 2021 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92799

Actions (login required)

View Item View Item