Pengaruh Metode Pengeringan yang Berbeda terhadap Karakteristik Fisik dan Kimia Bubuk Buah Senduduk (Melastoma Malabathricum L) dan Aplikasinya sebagai Pewarna Alami pada Makanan

Desy, cristiana (2021) Pengaruh Metode Pengeringan yang Berbeda terhadap Karakteristik Fisik dan Kimia Bubuk Buah Senduduk (Melastoma Malabathricum L) dan Aplikasinya sebagai Pewarna Alami pada Makanan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi full text 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Metode Pengeringan yang Berbeda Terhadap Karakteristik Fisik dan Kimia Bubuk Buah Senduduk (Melastoma malabathricum L) dan Aplikasinya sebagai Pewarna Alami pada Makanan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pengeringan yang berbeda terhadap karakteristik fisik dan kimia bubuk buah senduduk dan mengetahui metode pengeringan yang terbaik dalam menghasilkan bubuk senduduk kemudian diaplikasikan sebagai pewarna alami pada makanan dan Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dengan 3 perlakuan (metode pengeringan dengan oven dryer, oven vacuum, dan sun dryer). Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pengeringan yang berbeda menghasilkan karakteristik fisik dan kimia bubuk buah senduduk yang berbeda juga dan metode pengeringan terbaik pada penelitian ini menggunakan oven vacum dengan karakteristik fisik dan kimia yaitu rendemen 15,57%, derajat warna 45,27, waktu larut dalam air 60,08 detik, bagian tidak larut 4,34%, kadar air 8,76%, lama waktu pengeringan 8 jam, kadar abu 2,36%, aktivitas antioksidan 67,44%, analisis antosianin 45,52 (mg/L). Uji organoleptik pada parameter warna pada produk cookies, es krim dan puding dengan penambahan bubuk senduduk sebaagai pewarna alami yaitu didapatkan nilai rata-rata 3,2 (biasa) pada cookies, nilai 4 (suka) pada produk es krim dan 4,4 (suka) pada produk puding. Kata Kunci : Metode Pengeringan, Bubuk Senduduk, Pewarna Alami, karakteristik, Fisik, Kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 08 Oct 2021 02:19
Last Modified: 08 Oct 2021 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92514

Actions (login required)

View Item View Item