The Peculiarity of Intrinsic Elements as Manifestation of Moral Teaching as Seen in H.C Andersen’s Selected Fairytales: Moral-Philosophical Criticism

KURNIA, FEBI FERNANDES (2015) The Peculiarity of Intrinsic Elements as Manifestation of Moral Teaching as Seen in H.C Andersen’s Selected Fairytales: Moral-Philosophical Criticism. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201510121207th_febi fernandes s. hum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memaparkan analisis unsur-unsur intrinsik yang diperkirakan mengandung pengajaran moral dan filosofi yang ditemukan dalam empat cerita pendek terpilih yang ditulis oleh H.C Andersen (the emperor new suit, the fir tree, the little match seller, the little mermaid). Penelitian ini memfokuskan kepada analisis benang merah yang menghubungkan karakter, narasi, setting dan tema cerita. Penulis menggunakan pendekatan moral-filosofis dari Plato dalam menganalisis data. Analisis disajikan dengan mengemukakan deskripsi ataupun dialog sebagai data utama dan logika-logika yang terbentuk dari sudut pandang pendekatan yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa unsurunsur pembangun cerita pendek H.C Andersen mengandung tujuan pengajaran.Pesan moral yang ingin disampaikan H.C Andersen di setiap cerita pendeknya tidak hanya layak dikomsumsi anak-anak tetapi juga layak untuk semua generasi. Keywords: Fairytales, H.C Andersen, Moral, Children Literature

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Mr Muqtadirurrijal Muqta
Date Deposited: 09 Feb 2016 05:19
Last Modified: 09 Feb 2016 05:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item