Arta, Meida Sisi Syafitri (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: 6 Guru di SD N 07 Bukit Tandang, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover Fix Sisi.pdf - Published Version Download (466kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (539kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Sisi.pdf - Published Version Download (343kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
ilovepdf_merged (6).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Arta Meida Sisi Syafitri, BP 1710822004, “Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: 6 Guru di SD N 07 Bukit Tandang, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok)”. Jurusan Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Andalas, Padang 2021. Pembimbing 1: Hendrawati, SH, M.Hum, pembimbing II: Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc. Penelitian ini menggambarkan strategi guru pada masa covid-19 dan peran orangtua di SD 07 Bukit Tandang pada masa pembelajaran yang terkena oleh dampak covid-19. Yang mana pada saat covid-19 menganggu setiap roda kehidupan masyarakat terutama sektor pendidikan pada saat covid-19 pendidikan terpaksa harus diberhentikan untuk menghambat penyebaran covid-19 sehingga pembelajaran dilakukan secara daring di rumah dan tentunya selama proses pembelajaran secara daring adanya kesulitan yang dialami baik oleh guru, siswa maupun orangtua. Penelitian ini dilakukan di Nagari Bukit Tandang, SD 07 Bukit Tandang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Pemilihan informan dengan cara purposive sampling yang mana informan akan dipilih berdasarkan dengan tujuan penelitian. Adapun permasalahan dalam penelitian ini bagaimana strategi pembelajaran yang diterapkan guru terhadap siswa di SD 07 Bukit Tandang dan peran orangtua selama pembelajaran daring di Nagari Bukit Tandang. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru selama masa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan peran orangtua selama pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan guru selama pandemi covid-19 ada tiga yaitu pertama guru-guru SD 07 Bukit Tandang membuat kelompok belajar, kedua guru-guru SD 07 Bukit Tandang memberikan tugas kepada siswa satu kali seminggu, dan yang ketiga adanya kontribusi IRMA dalam pembelajaran di SD 07 Bukit Tandang, serta perubahan yang terjadi pada jadwal sekolah, ruangan kelas, seragam sekolah dan pembagian tugas oleh guru. Dan hasil penelitian kedua mengenai peran orangtua pada masa pandemi covid-19 yaitu mengawasi anak dalam belajar, meningkatkan motivasi belajar anak, memberikan waktu luang untuk anak, serta perubahan pendampingan orangtua terhadap cara belajar anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Hendrawati, SH, M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran di masa covid-19, strategi pembelajaran, peran orangtua |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 02:43 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 02:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92445 |
Actions (login required)
View Item |