POTENSI ISOLAT BAKTERI LANTAI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB) UNIVERSITAS ANDALAS DALAM MEROMBAK BAHAN BERBASIS SELULOSA MENJADI KOMPOS

Riri, Kurnia Ilahi (2021) POTENSI ISOLAT BAKTERI LANTAI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB) UNIVERSITAS ANDALAS DALAM MEROMBAK BAHAN BERBASIS SELULOSA MENJADI KOMPOS. Masters thesis, Universitras Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
2. BAB I pendahuluan riri.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 3 penutup)
3. BAB penutup.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. THESIS RIRI KURNIA ILAHI (upload).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia setiap tahunnya diperkirakan memproduksi 64 juta ton sampah yang sebagian besar merupakan sampah organik. Sebagian besar sampah organik berasal dari sisa tumbuhan yang tersusun oleh polisakarida berupa lignoselulosa. Selulosa merupakan komponen terbesar dari lignoselulosa yang terhambat proses pemanfaatannya karena strukturnya yang kompleks. Salah satu cara pengolahan sampah agar dapat dimanfaatkan adalah dengan melakukan pengomposan dengan menggunakan bakteri selulolitik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyeleksi isolat bakteri potensial penghasil enzim selulase dengan perhitungan indeks selulolitik, untuk menentukan isolat bakteri yang memiliki aktivitas enzim tertinggi, dan untuk mendapatkan kompos dengan kualitas terbaik dengan menggunakan isolat bakteri selulolitik potensial dari HPPB. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan tahapan penelitian isolasi, seleksi bakteri selulolitik dan uji aktivitas enzim serta metode eksperimen yang dilakukan pada tahapan pengujian kemampuan degradasi bakteri selulolitik dalam pembentukan kompos. Hasil dari penelitian ini didapatkan isolat bakteri selulolitik potensial yaitu isolat BLH 2 dengan indeks selulolitik 2,59 dan juga memiliki aktivitas selulase tertinggi 0,166 U/ml pada jam ke-72. Kompos terbaik didapatkan pada penambahan kombinasi isolat bakteri BLH 2, BLH 7, dan BLH 12.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Fuji Astuti Febria
Uncontrolled Keywords: bacterial isolate, cellulose, cellulolytic index, compos, Enzyme activity
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:00
Last Modified: 05 Oct 2021 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92421

Actions (login required)

View Item View Item