Perbedaan Kinerja Keuangan Perbankan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 (Kasus Pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Delovia, Pratiwi (2021) Perbedaan Kinerja Keuangan Perbankan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 (Kasus Pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Delovia Pratiwi.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan Delovia Pratiwi.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
Bab V Penutup Delovia Pratiwi.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Delovia Pratiwi.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perbankan pada sebelum dan saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif komparatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berdasarkan Laporan Keuangan Publikasi 6 Bulan (September 2019 – Februari 2020) sebelum dan 6 bulan (Maret 2020 – Agustus 2020) saat pandemi Covid-19 terdeteksi muncul di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah Perbankan Konvensional yang sudah go public di Bursa Efek Indonesia dan digunakan purposive sampling dalam pengambilan sampel dengan total sampel yang diperoleh sebanyak 36 bank umum konvensional. Kinerja keuangan bank diukur menggunakan rasio keuangan yaitu pada variabel likuiditas dengan loan to deposit ratio (LDR), loan to assets ratio (LAR), cash ratio (CR), variabel rentabilitas dengan return on assets (ROA), return on equity (ROE), net interest margin (NIM), dan variabel permodalan dengan capital adequacy ratio (CAR), primary ratio (PR), risk assets ratio (RAR). Metode statistik yang digunakan adalah pengujian statistik deskrptif dan uji beda rata-rata (paired sample t-test). Berdasarkan hasil penelitian dari 36 bank umum konvensional menunjukkan bahwa dalam rasio keuangan yaitu pada loan to deposit ratio (LDR), loan to assets ratio (LAR), cash ratio (CR), return on equity (ROE), net interest margin (NIM), dan risk assets ratio (RAR) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kinerja keuangan bank pada masa sebelum dan saat pandemi Covid-19 sedangkan pada return on assets (ROA), capital adequacy ratio (CAR), dan primary ratio (PR) tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kinerja keuangan bank pada masa sebelum dan saat pandemi Covid-19. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Perbankan Konvensional, Pandemi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:54
Last Modified: 05 Oct 2021 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92396

Actions (login required)

View Item View Item