Aktivitas Ekstrak Etanol Herba Pegagan Embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) Terhadap TNF-α, Makrofag, dan Leukosit Mencit Putih Jantan yang Terpapar Antigen Virus H5N1

Erman, Nengsyih Putri (2021) Aktivitas Ekstrak Etanol Herba Pegagan Embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) Terhadap TNF-α, Makrofag, dan Leukosit Mencit Putih Jantan yang Terpapar Antigen Virus H5N1. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
Skripsi Nengsyih Putri Erman-1711012026.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pegagan embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) telah diketahui memiliki aktivitas imunostimulan, dalam hal ini dapat meningkatkan aktivitas dan kapasitas fagositosis makrofag mencit pada dosis optimal 200 mg/kgbb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak pegagan embun terhadap kadar TNF-α, jumlah makrofag, jumlah leukosit, dan persentase jenis leukosit. Mencit dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu 1 kelompok sebagai kontrol diberi suspensi Na CMC 0,5%, 3 kelompok diberi ekstrak pegagan embun dosis 10 mg/kgbb, 50 mg/kgbb, dan 200 mg/kgbb secara per oral selama 7 hari. Pada hari ke-8 semua mencit diinduksi dengan vaksin H5N1 0,3 mL secara subkutan, lalu dibiarkan selama 24 jam. Setelah 24 jam, mencit dikorbankan lalu ditentukan kadar TNF-α, jumlah makrofag, jumlah leukosit, dan persentase jenis leukosit. Data hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA satu arah (signifikansi diambil pada p<0,05) dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pegagan embun dapat menurunkan kadar TNF-α dan jumlah makrofag serta meningkatkan jumlah leukosit dan persentase jenis leukosit mencit secara nyata (p<0,05). Peningkatan dan penurunan yang nyata rata-rata terjadi pada dosis 50 mg/kgbb dan 200 mg/kgbb. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrak pegagan embun memiliki aktivitas imunomodulator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:29
Last Modified: 15 Jun 2022 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92205

Actions (login required)

View Item View Item