KEMAMPUAN PRODUKSI DAN ANALISIS PENDAPATAN USAHA PENETASAN TELUR ITIK DI LABUAH GUNUANG KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA (Studi Kasus Usaha Peternakan Itik Family Jaya Farm)

Aime, Dwiarta Jonnaidi (2021) KEMAMPUAN PRODUKSI DAN ANALISIS PENDAPATAN USAHA PENETASAN TELUR ITIK DI LABUAH GUNUANG KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA (Studi Kasus Usaha Peternakan Itik Family Jaya Farm). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT AIME.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan pada Peternakan Family Jaya Farm di Labuah Gunuang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan produksi di peternakan family jaya farm dan untuk mengetahui serta menganalisis pendapatan di peternakan family jaya farm. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini yaitu data primer, yang didapatkan dengan studi lapangan melalui wawancara dengan pemilik usaha, dan data sekunder didapatkan dari buku, badan pusat statistik serta jurnal. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode analisa deskriptif kuantitatif. Fokus penelitian yang akan diteliti yaitu kapasitas mesin tetas, ketersediaan telur tetas, jumlah telur yang menetas, biaya, penerimaan, pendapatan, dan R/C ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin tetas yang digunakan sebanyak 12 unit dengan kapasitas 330 butir, 350 butir dan 450 butir. Ketersediaan telur tetas diperoleh dari satu pemasok yaitu peternakan bapak edi, dengan ketersediaan sebanyak 145-345 butir/hari. Persentase menetas dari telur yang ditetaskan yaitu 66.67-83.34%. Biaya yang dikeluarkan selama periode produksi berupa biaya tetap dan biaya variabel yaitu sebesar Rp.16.082.190. Penerimaan diperoleh dari penjualan bibit dan penjualan telur tidak fertil yaitu sebesar Rp.30.937.500. Pendapatan peternakan ini yaitu sebesar Rp.14.855.310, dari hasil yang diperoleh usaha penetasan family jaya farm dapat dikatakan untung dengan R/C ratio 1,92 sehingga usaha layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Boyon. MP
Uncontrolled Keywords: Mesin tetas, Telur Tetas,Kemampuan Produksi, Pendapatan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:16
Last Modified: 02 Oct 2021 03:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91937

Actions (login required)

View Item View Item