POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK (Studi Kasus Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Dalam Membangun Akhlakul Karimah)

Mistra, Jamil (2021) POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK (Studi Kasus Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Dalam Membangun Akhlakul Karimah). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi keluarga dalam mendidik anak (Studi Kasus Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Dalam Membangun Akhlakul Karimah). Proses komunikasi orang tua dengan anak dalam memberikan pemahaman tentang nilai-nilai akhlakul karimah. Akhlakartinya dengan budi pekerti, kesusilaan, sopan santun dalam bahasa Indonesia, dan tidak berbeda pula dengan arti kata moral, ethic dalam bahasa inggris. Manusia akan menjadi sempurna jika mempunyai akhlak terpuji serta menjauhkan segala akhlak tercela. Hal ini tentunya memerlukan komunikasi antara orang tua dengan anak. Komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak akan membuat makna pesan dalam membangun akhlakul karimah yang diterima anak sesuai dengan makna pesan yang disampaikan oleh orang tua kepada anak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pola komunikasi keluarga dalam membangun akhlakul karimah. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dianalisis menggunakan teori Skema Hubungan dalam Keluarga oleh Koerner dan Fitzpatrick, tujuannya agar mengetahui pola komunikasi keluarga dalam membangun akhlakul karimah. Hasil penelitian menunjukkan pola komunikasi keluarga dalam membangun akhlakul karimah menerapkan disiplin berperilaku dan berkomunikasi. Komunikasi orang tua dengan anak dalam penerapan disiplinberperilaku dan berkomunikasi bervariasi antara intonasi komunikasi tinggi dalam hal suara lebih lantang, sedang, dan rendah. Komunikasi intonasi tinggi terjadi saat orang tua menerapkan disiplin atas perilaku kurang baik atau berkomunikasi pada anak, sedangkan intonasi sedang dan rendah terjadi ketika orang tua memberikan nasehat tentang akhlakul karimah. Kata Kunci: Pola Komunikasi keluarga, Akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 01 Oct 2021 08:46
Last Modified: 01 Oct 2021 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91750

Actions (login required)

View Item View Item