PARTAI POLITIK DAN KETERWAKILAN PEREMPUAN DI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT (STUDI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PADA PARTAI POLITIK)

Firnanda, Firnanda Amdimas (2021) PARTAI POLITIK DAN KETERWAKILAN PEREMPUAN DI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT (STUDI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PADA PARTAI POLITIK). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover, abstrak.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
12. BAB I latar belakang baru.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
18. BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA baru banget.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text (Tessis full text)
Full Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketika berbicara mengenai legislative, tentu kita tidak terlepas dari yang namanya partai-partai politik. Partai politik merupakan wadah untuk menampung aspirasi rakyat. Melalui partai politik semua orang dapat turut serta dalam dunia politik. Partai politik juga merupakan wadah untuk menciptakan kesetaraan dan keadilan gender, dalam berbagai aspek kehidupan bernegara dan berbangsa. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keterwakilan perempuan di lembaga legislative DPRD Sumatera Barat. Hal ini dapat dilihat sejak pemilu dimasa orde baru sampai pemilu 2019, jumlah perempuan yang duduk di lembaga legislative DPRD Sumatera Barat hanya berkisar 1 sampai 3 dalam satu kali periodesasi, bahkan sudah diberlakukannya affirmative action kuota 30%. Tentunya jumlah ini belum sesuai dengan harapan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya-upaya pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh partai politik pada kader partainya di provinsi Sumatera Barat. Untuk menjawab persoalan tersebut, maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sample manggunakan teknik purposive sampling. Penelitian mengambil 4 partai politik perwakilan Sumatera Barat untuk dijadikan objek penelitian yakni, Gerindra, PPP, PKS, dan PKB. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan informasi dari beberapa informan melalui wawancara dengan pengurus dan kader perempuan partai politik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan perempuan yang dilakukan olek partai politik perwakilan Sumatera Barat sudah berjalan dengan cukup baik, walaupun masih perlu untuk ditingkatkan. Setiap partai politik pada umumnya melibatkan kader perempuan dalam setiap kegiatan dari perencanaan dan pelaksanaan programnya. Keberadaan organisasi sayap perempuan di masing-masing partai membuat peran perempuan dalam internal partai semakin terasa. Partai politik melakukan pemberdayaan perempuan di internal partai dengan cara diskusi terkait isu politik, pemberian jabatan strategis, pelatihan publik speaking, workshop calon legislative perempuan, memberikan kewenangan penuh bagi perempuan dalam merekrut kader perempuan dalam internal partai, membangun personal branding, dan meningkatkan kemampuan public speaking. Kata kunci: Partai Politik, Pemberdayaan Perempuan, Kesetaraan Gender, Sumatera Barat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 01 Oct 2021 08:32
Last Modified: 01 Oct 2021 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91717

Actions (login required)

View Item View Item