Potensi Air Lindi Sisa Pakan Maggot (Hermetia illucens) Sebagai Pengganti AB Mix Pada Pertumbuhan Tanaman Sawi Pagoda (Brassica rapa var. narinosa L.) Dengan Sistem Hidroponik

Yella Prastika, Yuda (2021) Potensi Air Lindi Sisa Pakan Maggot (Hermetia illucens) Sebagai Pengganti AB Mix Pada Pertumbuhan Tanaman Sawi Pagoda (Brassica rapa var. narinosa L.) Dengan Sistem Hidroponik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang potensi air lindi sisa pakan maggot (Hermetia illucens) sebagai pengganti AB mix pada pertumbuhan tanaman sawi pagoda (Brassica rapa var. narinosa) dengan sistem hidroponik telah dilakukan pada bulan Maret 2021 sampai dengan bulan Mei 2021 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Rumah Kaca, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air lindi sisa pakan maggot sebagai pengganti AB mix pada pertumbuhan tanaman sawi pagoda dengan sistem hidroponik, mendapatkan konsentrasi air lindi sisa pakan maggot terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi pagoda, dan mengetahui efektivitas pemberian air lindi sisa pakan maggot dalam mengurangi pemakaian pupuk anorganik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan ini terdiri dari AB mix (Kontrol), kombinasi AB mix dan air lindi sisa pakan maggot dengan perbandingan (3:1), (1:1), (1:3), dan air lindi sisa pakan maggot tanpa AB mix. Hasil penelitian menunjukan pemberian kombinasi AB mix dan air lindi sisa pakan maggot memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan tinggi tanaman pada perlakuan (3:1) dan (1:1). Sedangkan pemakaian hanya air lindi sisa pakan maggot tidak dapat menggantikan pemakaian AB mix. Perlakuan (1:1) merupakan konsentrasi paling efektif dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi pagoda dan dapat meminimalkan pemakaian pupuk anorganik sebesar 50%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Suwirmen, MS
Uncontrolled Keywords: AB mix, Brassica rapa var. narinosa, Hidroponik, Hermetia illucens, Pertumbuhan
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 01 Oct 2021 07:38
Last Modified: 01 Oct 2021 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91700

Actions (login required)

View Item View Item