STUDI PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DAN FAKTOR DETERMINAN DI TIGA RUMAH SAKIT DI KOTA PADANG TAHUN 2014

RENI, FITRIA (2014) STUDI PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DAN FAKTOR DETERMINAN DI TIGA RUMAH SAKIT DI KOTA PADANG TAHUN 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201501301007th_reni fitria 1220332064.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Kepuasan pasien berhubungan dengan mutu pelayanan rumah sakit. Kepuasan merupakan salah satu indikator baik tidaknya suatu pelayanan dan salah satu akibat dari rendahnya kepuasan dapat dilihat dari jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit setempat. Tujuan penelitian mengetahui perbedaan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan pada Rumah sakit di Kota Padang tahun 2014. Metode: desain penelitian ini menggunakan studi komparatif dilakukan tanggal 16 juni sampai 11 juli 2014. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang, dengan teknik quota sampling. Hasil: dari ketiga rumah sakit di dapatkan untuk RSUD dr. Rasidin sebagian kecil (24%) 12 responden mengatakan puas. Rumah sakit Yos Sudarso sebagian kecil (10%) 5 responden mengatakan puas. Rumah sakit Islam ibnu sina Padang sebagian kecil (10%) 5 responden mengatakan puas. Hasil uji statistik didapatkan p-value = 0,000 < 0,05 Ho di tolak, maka ada perbedaan kepuasan terhadap mutu pelayanan keperawatan di tiga rumah sakit kota padang tahun 2014. Diskusi: diharapkan perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien lebih ditingkatkan dari lima dimensi: tangible, realibility, responsiveness, assurance, emphaty agar mutu pelayanan rumah sakit juga meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 19 May 2016 10:03
Last Modified: 19 May 2016 10:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9162

Actions (login required)

View Item View Item