SISTEM PARKIR CERDAS DENGAN DETEKSI KETERSEDIAAN SLOT PARKIR BERBASIS KAMERA DAN PENGATURAN LOKASI PARKIR BERDASARKAN UKURAN

Niqma, Rozalia (2021) SISTEM PARKIR CERDAS DENGAN DETEKSI KETERSEDIAAN SLOT PARKIR BERBASIS KAMERA DAN PENGATURAN LOKASI PARKIR BERDASARKAN UKURAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TA-NIQMA ROZALIA-FINAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tingkat pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor saat ini tidak seimbang dengan kondisi lahan parkir yang tersedia. Hal ini menyebabkan permasalahan seperti sulitnya pengendara mencari posisi parkir kosong pada area parkir. Selain itu pada area parkir banyak kendaraan dengan ukuran beragam mengakses ruang parkir yang sama sehingga menyebabkan banyak ruang kosong diantara kendaraan yang terbuang sehingga pemanfaatan lahan tidak maksimal. Kamera cctv yang terdapat pada area parkir saat ini belum dimanfaatkan untuk mendeteksi ketersediaan slot parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti deteksi ukuran kendaraan, deteksi plat kendaraan, deteksi slot parkir kosong dengan kamera serta pengarahan menuju slot parkir dan verifikasi kondisi slot parkir. Pendeteksian ukuran kendaraan bertujuan untuk mengelompokkan kendaraan sesuai ukuran pada ruang parkir sehingga penggunaan lahan parkir efisien. Pendeteksian ukuran kendaraan menggunakan laser dan sensor photodioda berdasarkan jumlah sensor photodioda yang tidak terkena sinar laser akibat terhalang badan kendaraan. Posisi parkir kosong akan dideteksi oleh kamera menggunakan algoritma You Only Look Once yang mendeteksi ada atau tidaknya kendaraan pada slot parkir. Pendeteksian plat nomor menggunakan metode Optical Character Recognition dengan pengenalan karakter menggunakan template matching. Informasi slot parkir akan ditampilkan pada LCD. Serta data plat kendaraan yang telah terekam akan ditampilkan pada LCD yang ada pada setiap slot untuk verifikasi kendaraan sudah terparkir pada slot yang ditentukan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan didapatkan bahwa sistem mampu melakukan pengelompokkan kendaraan dengan variasi panjang kendaraan berbeda dengan akurasi 100%. Sistem dapat mendeteksi slot parkir kosong yang ditandai dengan kotak merah yang berarti terisi dan kotak hijau berarti kosong. Sistem dapat mendeteksi plat kendaraan dengan tepat pada sudut kemiringan plat antara 0 sampai 10° dengan tingkat pengenalan hingga 100%. Serta sistem dapat melakukan pengecekan pengendara parkir pada slot yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Rahmadi Kurnia
Uncontrolled Keywords: Parkir, YOLO, OCR, Photodioda
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:25
Last Modified: 25 Oct 2021 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91585

Actions (login required)

View Item View Item