PENGARUH FERMENTASI CAMPURAN LIMBAH SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) DAN AMPAS TAHU DENGAN EM4 DAN STARBIO TERHADAP PERUBAHAN BAHAN KERING, LEMAK KASAR, DAN ENERGI METABOLISME

Ella, Riskita (2021) PENGARUH FERMENTASI CAMPURAN LIMBAH SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) DAN AMPAS TAHU DENGAN EM4 DAN STARBIO TERHADAP PERUBAHAN BAHAN KERING, LEMAK KASAR, DAN ENERGI METABOLISME. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak,.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1,.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5,.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka,.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi_ella_riskita_upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh fermentasi limbah serai wangi (Cymbopogon nardus) dan ampas tahu dengan inokulum EM4 dan Starbio terhadap perubahan Bahan Kering, Lemak Kasar, dan Energi Metabolisme. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial dengan 2 perlakuan. Faktor A adalah perbandingan limbah serai wangi dan ampas tahu (90%:10%, 80%:20%, 70%:30%) dan faktor B adalah inokulum (EM4 dan Starbio), dan 3 kali pengulangan. Peubah yang diamati adalah perubahan Bahan Kering (BK), Lemak Kasar (LK), dan Energi Metabolisme (EM). Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa tidak adanya interaksi antara faktor A (perbandingan LSW+AT) dan faktor B (inokulum) terhadap perubahan bahan kering, lemak kasar, dan energi metabolisme. Faktor A tidak berbeda nyata (P>0,01) terhadap perubahan bahan kering, lemak kasar, dan energi metabolisme. Faktor B berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap perubahan bahan kering, akan tetapi tidak berbeda nyata (P>0,01) terhadap perubahan lemak kasar dan energi metabolisme. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak adanya interaksi antara fermentasi campuran limbah serai wangi dan ampas tahu dengan EM4 dan Starbio terhadap perubahan bahan kering, lemak kasar, dan energi metabolisme yang menunjukkan hasil terbaik adalah perbandingan 70 %: 30% dengan inokulum EM4 dimana penurunan bahan kering 12,22%, penurunan lemak kasar 23,03%, dan peningkatan energi metabolisme 13,16%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Yuliaty Shafan Nur, MS
Uncontrolled Keywords: Ampas tahu, EM4, fermentasi, limbah serai wangi, Starbio
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 01 Oct 2021 06:59
Last Modified: 01 Oct 2021 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91574

Actions (login required)

View Item View Item