pengaruh perubahan harga minyak mentah, harga emas dan kurs nilai tukar terhadap volalitas indeks harga saham gabungan (IHSG) selama pandemi covid-19

Lubis, sri wahyuni lubis (2021) pengaruh perubahan harga minyak mentah, harga emas dan kurs nilai tukar terhadap volalitas indeks harga saham gabungan (IHSG) selama pandemi covid-19. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
bab akhir penutupan.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img] Text (tesis full)
tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://enrichment.iocspublisher.org/index.php/enr...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan harga minyak mentah, harga emas, dan nilai tukar terhadap volatilitas Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama pandemi Covid-19. Menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian deskriptif jenis dengan data indeks harga saham gabungan (IHSG), data harga minyak mentah (WTI), emas data harga (London Gold) dan data nilai tukar Rupiah terhadap Dollar selama pandemi Covid -19 mulai dari 02 Maret 2020 hingga 25 Maret 2021 diambil dari Datastream di Eikon Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Diperoleh 275 sampel. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Arch/Garch ditemukan adanya tidak ada pengaruh yang signifikan antara harga Minyak Mentah terhadap IHSG, sedangkan untuk harga Emas ada pengaruh positif yang signifikan terhadap IHSG dan untuk nilai tukar disana tidak berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Hasil dari metode peramalan ARIMA hingga 25 Maret 2022 ditemukan IHSG cenderung meningkat. Harga Minyak Mentah telah turun hingga triwulan I Maret 2022, harga Emas cenderung stabil dengan tidak terlalu banyak perubahan signifikan. Sementara itu, Nilai Tukar Rupiah terhadap AS Dollar mengalami apresiasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Sri Wahyuni Lubis, SE, MM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 01 Oct 2021 06:47
Last Modified: 01 Oct 2021 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91567

Actions (login required)

View Item View Item