KHASIAT BONGGOL PISANG LIAR (Musa acuminata Colla) SEBAGAI PENANGKAL EFEK ROKOK ELEKTRIK TERHADAP PARU-PARU DAN KADAR HEMOGLOBIN MENCIT PUTIH JANTAN

Dhifa, Oktavia (2021) KHASIAT BONGGOL PISANG LIAR (Musa acuminata Colla) SEBAGAI PENANGKAL EFEK ROKOK ELEKTRIK TERHADAP PARU-PARU DAN KADAR HEMOGLOBIN MENCIT PUTIH JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rokok elektrik mengandung zat-zat yang secara nyata dapat memicu terjadinya peningkatan radikal bebas, kerusakan paru-paru, peningkatan hemoglobin dan penurunan berat badan. Kerusakan sistematis akibat radikal bebas dapat dicegah dengan tanaman pisang. Akan tetapi, tanaman pisang bagi kesehatan lebih banyak terfokus kepada jenis pisang budidaya. Padahal keberadaan pisang liar berlimpah di alam dan belum banyak dieksplorasi, salah satunya Musa acuminata Colla. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi senyawa bioaktif pada bonggol pisang liar (Musa acuminata Colla) dan membuktikan bahwa pemberian ekstrak bonggol pisang liar dapat mencegah kerusakan struktur paru-paru, peningkatan kadar malondialdehyde, peningkatan kadar hemoglobin dan penurunan berat badan pada mencit yang terpapar asap rokok elektrik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari 5 kelompok perlakuan yaitu kontrol negatif (mencit tanpa diberi asap rokok elektrik dan ekstrak bonggol pisang liar), kontrol positif (mencit diberi paparan asap rokok elektrik) dan kelompok mencit yang diberi paparan asap rokok elektrik dan ekstrak bonggol pisang liar 200, 300, 400mg/kgBB selama 14 hari secara oral. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis kromatografi gas bonggol pisang liar mengandung senyawa bioaktif yaitu pentadecanoic acid, hexadecenoic acid, octadecanoic acid, 2,4-Di-tert-butylphenol dan heptadecanoic acid yang berperan sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Pemberian ekstrak bonggol pisang mampu menurunkan tingkat kerusakan paru-paru secara signifikan, mampu menurunkan kadar malondialdehyde, mampu menekan peningkatan kadar hemoglobin berlebih dan cendrung dapat mencegah penurunan berat badan akibat paparan asap rokok elektrik pada mencit. Oleh karena itu bonggol pisang liar dapat dikembangkan sebagai obat alternatif melawan radikal bebas yang disebabkan oleh rokok elektrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Resti Rahayu
Uncontrolled Keywords: Banana corm, Musa acuminata Colla, lung, pentadecanoic acid, e-cigarette
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:12
Last Modified: 05 Oct 2021 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91562

Actions (login required)

View Item View Item