PENGARUH EKSTRAK KELOR (Moringa oleifera L.) DENGAN PEMBERIAN KONSENTRASI DAN CARA APLIKASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN UMUR PANEN KUBIS SINGGALANG (Brassica oleraceae var. capitata L.)

Fira, Julia Putri (2021) PENGARUH EKSTRAK KELOR (Moringa oleifera L.) DENGAN PEMBERIAN KONSENTRASI DAN CARA APLIKASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN UMUR PANEN KUBIS SINGGALANG (Brassica oleraceae var. capitata L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5. Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh ekstrak kelor (Moringa oleifera L.) dengan pemberian konsentrasi dan cara aplikasi terhadap pertumbuhan dan umur panen kubis Singgalang (Brassica oleraceae var. capitata L.) telah dilaksanakan pada bulan Februari 2021 sampai April 2021 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Rumah Kaca, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak kelor dan cara aplikasi ekstrak serta interaksi antara konsentrasi dan cara aplikasi ekstrak yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan umur panen kubis Singgalang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor A merupakan taraf konsentrasi (kontrol, 1:64 (v/v), 1:32 (v/v) dan 1:16 (v/v)) dan faktor B merupakan cara aplikasi ekstrak (daun, tanah dan gabungan daun dan tanah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kelor dengan konsentrasi 1:32 (v/v) mampu meningkatkan jumlah daun dan panjang akar kubis Singgalang. Cara aplikasi ekstrak tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan dan Umur panen kubis Singgalang serta tidak terjadi interaksi antara konsentrasi dan cara aplikasi ekstrak terhadap pertumbuhan dan umur panen kubis Singgalang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Suwirmen, MS
Uncontrolled Keywords: Biostimulan, Cara Aplikasi, Konsentrasi, Kubis Singgalang, Moringa oleifera
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 01 Oct 2021 07:13
Last Modified: 01 Oct 2021 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91539

Actions (login required)

View Item View Item