LEGALITAS AKTA NOTARIS PENGGANTI : STUDI TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN NO. 395/Pdt.G/2011/PN.Jkt.Sel.

Bramiko, Wijaya (2021) LEGALITAS AKTA NOTARIS PENGGANTI : STUDI TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN NO. 395/Pdt.G/2011/PN.Jkt.Sel. Masters thesis, UNIVERISTAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV KESIMPULAN)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTRA PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img] Text (FULL TESIS)
TESIS TURNITIN BRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

LEGALITAS AKTA NOTARIS PENGGANTI : STUDI TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN NO. 395/Pdt.G/2011/PN.Jkt.Sel. (Bramiko Wijaya, NIM. 1720123077, Program Studi Magister Kenotariatan Pascasarjana Fakultas Hukum, Universitas Andalas Padang, 2021, 111 halaman) ABSTRAK Notaris mempunyai hak untuk cuti, dalam hal ini, notaris wajib menunjuk notaris pengganti. Notaris yang akan cuti harus mengajukan permohonan secara tertulis disertai usulan Penunjukan notaris pengganti kepada pejabat berwenang. Notaris untuk menggantikan Notaris yang sedang cuti, sakit, atau untuk sementara berhalangan menjalankan jabatannya sebagai Notaris.Sehingga seorang notaris pengganti juga harus melaksanakan tugas dan jabatannya dengan penuh tanggung jawab yang artinya diapun harus mampu bertanggung jawab terhadap segala konsekuensi yang timbul dari pelaksanaan jabatannya dan bersikap professional.Akta otentik yang dibuat oleh Notaris dimungkinkan dipermasalahkan oleh salah satu pihak atau oleh pihak lain karena dianggap merugikan kepentingannya, sebagaimana dikemkakan dalam kasus Notaris pengganti. Seperti halnya adanya ketidak sesuaian dari bentuk akta, pengingkaran akan isi akta, tandatangan maupun kehadiran, artinya bahwa Notaris telah membawa dirinya pada suatu perbuatan yang oleh undang-undang harus dipertanggungjawabkan. Permasalahannya adalah bagaimanakah tanggungjawab Notaris Pengganti terhadap Akta yang dibuatnya menurut Putusan No: 395/Pdt.G/2011/PN.Jkt.Sel dan bagaimanakah pertimbangan Hakim dalam Putusan No: 395/Pdt.G/2011/ PN.Jkt.Sel terhadap legalitas Akta Notaris Pengganti. Metode penelitian yang digunakan dalam menggunakan pendekatan yurides normatif dengan data utama adalah data sekunder yang berbentuk bahan hukum. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa Notaris pengganti maupun yang digantikan pada dasarnya mempunyai tanggungjawab atas jabatan, tugas dan kewenangannya dari akta yang dibuat menurut undang-undang. Dalam hal terjadinya kerugian akibat akta yang dibuat harus dipertanggungjawabkan, bahkan dimungkin terjadi perbuatan melawan hukum dan akta yang dibuat tersebut dapat dinyatakan tidak sah atau tidak memiliki legalitasnya. Sebagai kasus yang diteliti, Notaris pengganti dinyatakan telah melakukan perbuatan melawan hukum dan dikenakan sanksi berupa pembayaran ganti rugi pada penggugat, artinya gugatan penggugat dikabulkan oleh hakim sesuai dengan fakta dipersidangan. Kata Kunci : Legalitas Akta, Notaris Pengganti danPutusan pengadilan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 30 May 2022 08:42
Last Modified: 30 May 2022 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91532

Actions (login required)

View Item View Item