Penentuan Lokasi Gangguan Saluran Distribusi 20 kV Mengunakan Metode Transformasi Wavelet Diskrit

Hayatul, Sukma (2021) Penentuan Lokasi Gangguan Saluran Distribusi 20 kV Mengunakan Metode Transformasi Wavelet Diskrit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada saluran distribusi sering kali terjadi gangguan karena berada pada daerah yang padat beban. Pada saat terjadi gangguan diperlukan cara untuk mendeteksi lokasi gangguan dengan cepat dan akurat untuk meminimalisir kerusakan pada sistem tenaga. Sistem distribusi yang dimodelkan memiliki komponen seperti saluran distribusi, sumber tegangan, beban serta memerlukan parameter kecepatan rambat gelombang berjalan, panjang saluran dan selisih waktu gelombang datang dan gelombang pantul. Pada penelitian ini, dilakukan perhitungan untuk menentukan lokasi gangguan menggunakan metode gelombang berjalan dengan bantuan transformasi wavelet diskrit. Data gangguan diperoleh dengan simulasi menggunakan Alternative Transient Program (ATP). Penentuan lokasi gangguan menggunakan metode ujung tunggal dengan laju sampling 1 MHz dengan memvariasikan lokasi dan jenis gangguan. Gangguan yang dianalisa adalah gangguan satu fasa tanah, dua fasa, dua fasa tanah, tiga fasa, tiga fasa tanah dan petir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk semua jenis gangguan dengan variasi jarak yang berbeda diperoleh error rata-rata dibawah 0,2 km. Error rata-rata tertinggi terjadi pada gangguan dua fasa, tiga fasa dan tiga fasa tanah, sedangkan error rata-rata terendah terjadi pada gangguan petir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Novizon, M.Eng. Ph.D
Uncontrolled Keywords: sistem distribusi, gelombang berjalan, transformasi wavelet diskrit, Alternative Transient Program
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 01 Oct 2021 07:09
Last Modified: 01 Oct 2021 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91496

Actions (login required)

View Item View Item