HUBUNGAN ANTARA PARENTAL DISCIPLINE DENGAN REGULASI EMOSI REMAJA AWAL

Annisa, Faradiba Jasman (2021) HUBUNGAN ANTARA PARENTAL DISCIPLINE DENGAN REGULASI EMOSI REMAJA AWAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup))
BAB akhir (penutupan).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
upload HUBUNGAN ANTARA PARENTAL DISCIPLINE DAN REGULASI EMOSI PADA REMAJA AWAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Terdapat banyak cara orang tua dalam mendisiplinkan remaja. Parental discipline memiliki bermacam bentuk dan bermacam dampak terhadap perkembangan anak, salah satunya regulasi emosi. Parental discipline yang dilakukan orang tua memiliki hubungan langsung dengan bagaimana remaja meregulasi emosinya. Regulasi emosi merupakan skill penting yang harus dimiliki remaja dalam berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan anatara parental discipline dengan regulasi emosi pada remaja awal. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur regulasi emosi dan Dimension of Discipline Inventory (DDI). Masing-masing alat ukur memiliki reliabilitas 0,844 untuk regulasi emosi cognitive reappraisal dan 0,771 untuk suppressive expression; 0,748 untuk harsh discipline, 0,834 untuk inductive discipline, 0,808 untuk penalty, dan 0,693 untuk supervision. Hasil analisis korelasi menunjukkan dimensi harsh discipline memiliki hubungan negatif dengan regulasi emosi cognitive reappraisal dengan koefesien korelasi (r) -0,539, dan nilai signifikansi 0,000 (p<0.05) sedangkan dimensi supressive expression dengan korelasi (r) -0,486; dimensi inductive discipline memiliki hubungan positif dengan regulasi emosi cognitive reappraisal dengan koefesien korelasi (r) sebesar 0,587 dengan nilai signifikansi 0,000, sedangkan supressive expression sebesar 0,559; dimensi penalty memiliki hubungan positif dengan regulasi emosi dengan 0,172 dan signifikansi (p) 0,005; dan dimensi supervision tidak memiliki hubungan dengan regulasi emosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Diny Amenike M.Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: parental discipline, regulasi emosi, remaja, orang tua
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 01 Oct 2021 04:58
Last Modified: 01 Oct 2021 04:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91442

Actions (login required)

View Item View Item