HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN KETAHANAN PANGAN DENGAN ASUPAN ZAT GIZI SERTA KAITANNYA DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN 2012

MELVIA, LINDA (2012) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN KETAHANAN PANGAN DENGAN ASUPAN ZAT GIZI SERTA KAITANNYA DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN 2012. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Fulltext)
1891.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)

Abstract

Berdasarkan data pengukuran tinggi badan dan berat badan siswa sekolah dasar yang dilakukan oleh Program Gizi terintegrasi dengan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada 9 sekolah yang tersebar di 7 kenagarian di Kecamatan Sangir Batang Hari tahun 2011 didapatkan prevalensi status gizi anak sekolah dasar dengan status gizi pendek (TB/U) sebanyak 32,7% (sangat pendek 12,4% dan pendek 20,3%).8 Masalah gizi disebabkan oleh banyak faktor yang saling terkait baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung dipengaruhi oleh penyakit infeksi dan tidak cukupnya asupan gizi secara kuantitas maupun kualitas, sedangkan secara tidak langsung dipengaruhi oleh jangkauan dan kualitas pelayanan kesehatan, pola asuh anak yang kurang memadai, kurang baiknya kondisi sanitasi lingkungan serta rendahnya ketahanan pangan ditingkat rumah tangga. Sebagai pokok masalah dimasyarakat adalah rendahnya pendidikan, pengetahuan dan keterampilan serta tingkat pendapatan masyarakat.9 Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik meneliti “Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dan Ketahanan Pangan Dengan Asupan Zat Gizi Serta Kaitannya Dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan Tahun 2012”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 16 May 2016 10:28
Last Modified: 16 May 2016 10:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item