AKTIVITAS PROMOSI KADAI TANGKELEK DENGAN PENGGUNAAN BUDAYA MINANGKABAU SEBAGAI BRAND IDENTITY

Ledyva, Yolanda (2014) AKTIVITAS PROMOSI KADAI TANGKELEK DENGAN PENGGUNAAN BUDAYA MINANGKABAU SEBAGAI BRAND IDENTITY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201501281152th_skripsi pdf fix fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya yang beragam. Warisan kekayaan ini merupakan potensi besar yang dapat dikembangkan untuk berbagai aspek kehidupan. Salah satunya dari sektor ekonomi yakni industri kreatif yang dikembangkan oleh Kadai Tangkelek. Dengan kreatifitas dan semangat untuk melestarikan budaya Minangkabau, Kadai Tangkelek menciptakan produk dari brand lokal yang berkualitas. Hal ini terlihat dari peningkatan produksi dan penjualan setiap tahunnya. Keberhasilan ini tidak terlepas dari promosi yang dilakukan untuk mengenalkan produk serta brand Kadai Tangkelek di pasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas promosi yang dilakukan Kadai Tangkelek dengan penggunaan budaya Minangkabau sebagai brand identity. Penelitian ini menggunakan konsep promotion mix (bauran promosi) dan model BIPM (Brand Identity Planning Model). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sementara untuk melihat validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kadai Tangkelek melakukan aktivitas promosi berdasarkan elemen – elemen promosi dalam promotion mix yakni periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas. Secara keseluruhan promosi yang dilakukan menggunakan unsur budaya Minangkabau, terutama dari segi bahasa dan desainnya. Aktivitas promosi dan penggunaan budaya Minangkabau juga dilakukan dalam upaya menciptakan brand identity Kadai Tangkelek. Sehingga Kadai Tangkelek mampu menanamkan brand identity di benak konsumen sebagai brand unik khas Minangkabau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 16 May 2016 07:20
Last Modified: 16 May 2016 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item