AMWAL, HALIL (2014) PENGARUH KEBISINGAN LALULINTAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Full Text)
201404031015rd_skripsi amwal halil.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masalah kebisingan karena lalulintas yang padat di daerah perkotaan menyebabkan sulitnya untuk mendapatkan lokasi sekolah yang tenang. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 718/MEN.KES/PER/XI/1987 bahwa sekolah masuk dalam Zona B, yaitu zona yang diperuntukkan bagi perumahan, tempat pendidikan, rekreasi dan sejenisnya. Intensitas bising yang diperbolehkan untuk zona ini adalah 45 dB sampai 55 dB. Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Padang merupakan sarana pendidikan yang terletak di daerah perkotaan dan berada di pinggir jalan raya yang arus lalulintasnya padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebisingan lalulintas terhadap konsentrasi belajar siswa SMP N 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional comparative, dimana tingkat kebisingan dan tingkat konsentrasi belajar siswa dikumpulkan secara bersamaan. Pengukuran tingkat kebisingan menggunakan alat ukur sound level meter yang diukur pada dua titik yang berbeda, yaitu di sekitar kelas yang dekat dengan jalan raya dan di sekitar kelas yang jauh dari jalan raya. Tingkat konsentrasi belajar siswa diukur dengan menggunakan digit symbol test dan digit span test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik chi square dengan derajat kepercayaan 95% (p=0,05). Hasil pengukuran tingkat kebisingan di sekitar kelas yang dekat dengan jalan raya sebesar 69.62 dB dan tingkat kebisingan di sekitar kelas yang jauh dari jalan raya sebesar 72.80 dB. Tingkat konsentrasi belajar siswa yang dekat dengan jalan raya dengan menggunakan digit symbol test di dapatkan data 7 siswa kurang konsentrasi, 33 siswa cukup konsentrasi, dan dengan menggunakan digit span test di dapatkan data 7 siswa kurang konsentrasi dan 33 siswa cukup konsentrasi. Tingkat konsentrasi belajar siswa yang jauh dari jalan raya dengan menggunakan digit symbol test di dapatkan data 5 siswa kurang konsentrasi, 34 siswa cukup konsentrasi dan dengan menggunakan digit span test di dapatkan data 9 siswa kurang konsentrasi dan 30 siswa cukup konsentrasi. Data tingkat kebisingan dan tingkat konsentrasi belajar siswa dianalisis menggunakan uji chi square dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan metode digit symbol test di dapatkan hasil p=0,562 dan dengan menggunakan digit span test di dapatkan hasil p=0,537, dimana kedua nilai probabilitas tersebut lebih dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat konsentrasi yang bermakna antara kelas yang dekat dengan jalan raya dan kelas yang jauh dari jalan raya. Kata kunci: kebisingan lalulintas, siswa, konsentrasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Mr Iswadi S Nupin |
Date Deposited: | 14 May 2016 09:17 |
Last Modified: | 14 May 2016 09:17 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8648 |
Actions (login required)
View Item |