PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PESERTA ASURANSI JIWA DI PT. BUMI PUTERA CABANG PARIAMAN

JELISYE, PUTRI CENERY (2013) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PESERTA ASURANSI JIWA DI PT. BUMI PUTERA CABANG PARIAMAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS)
201405161041th_tesis ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat ini, segala gerak manusia dijalankan dengan alat modern, sebagai akibat dari kemajuan ini kemungkinan kecelakaan yang memakan dan mengancam keselamatan jiwa manusiapun semakin besar. Oleh karena itu, asuransi jiwa mempunyai peranan penting untuk melindungi jiwa seseorang dari malapetaka yang mungkin timbul, yang belum diketahui sebelumnya serta tidak dikehendaki oleh setiap manusia. Dari latar belakang tersebut, maka timbulah permasalahan yang penulis jadikan pembahasan pokok dalam tesis ini yaitu bagaimanakah pelaksanaan pembayaran asuransi jiwa pada PT. Bumi Putera, apakah perlindungan hukum bagi peserta asuransi jiwa yang diberikan oleh PT. Bumi Putera telah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, apa saja kendala-kendala yang ditemukan di lapangan dan bagaimana upaya mengatasinya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis dengan lokasi penelitian PT. Bumi Putera Cabang Pariaman dan peserta asuransi jiwa, metode dan alat pengumpulan data adalah wawancara, studi dokumen dan kuisioner. Kemudian data diolah secara editing dan koding kemudian data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan dapat diketahui bahwa pelaksanaan asuransi jiwa dimulai dengan pelaporan, melengkapi surat menyurat, membuat kronologis kejadian, meminta persetujuan Kepala Cabang, mengirimkan laporan ke kantor pusat, dan setelah itu melaksanakan pembayaran santunan. Perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Bumi Putera telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan seperti memberikan informasi yang benar, lengkap, pelayanan yang tidak diskriminatif. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan klaim dan perlindungan hukum adalah petugas klaim yang sedikit, keterlambatan tertanggung dalam pelaporan klaim, tertanggung tidak melengkapi syarat-syarat yang diperlukan, serta tertanggung terkadang sering tidak memahami isi polis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 12 May 2016 09:39
Last Modified: 12 May 2016 09:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item