Analisis Motif Bantuan Luar Negeri Women's Global Development and Prosperity Amerika Serikat Pada Masa Pemerintahan Donald Trump

Letyzia, Rifanny (2021) Analisis Motif Bantuan Luar Negeri Women's Global Development and Prosperity Amerika Serikat Pada Masa Pemerintahan Donald Trump. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL DRAFT SKRIPSI LETYZIA RIFANNY fix (e skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif dari bantuan luar negeri W-GDP Amerika Serikat yang dijalankan pada masa Pemerintahan Donald Trump. Pengalokasian bantuan luar negeri pada praktiknya selalu diikuti oleh kepentingan negara donor dengan motif yang beragam. Peneliti mengasumsikan terdapat motif dari dijalankan bantuan luar negeri W-GDP setelah adanya perubahan dan pemotongan dana bantuan luar negeri hingga Amerika Serikat menjalankan bantuan luar negeri W-GDP yang berorientasi gender. Penelitian ini dianalisis menggunakan kerangka konseptual donor interest model oleh Maizels dan Nissanke. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif dengan memanfaatkan data sekunder. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat motif dibalik bantuan luar negeri W-GDP Amerika Serikat yang dijalankan pada masa Pemerintahan Donald Trump. Melalui bantuan W-GDP Amerika Setikat berupaya mencapai kepentingannya terhadap negara penerima yang akan memberikan keuntungan bagi Amerika Serikat. Diantara motif tersebut, pertama yaitu adanya kepentingan keamanan dan politik. Kedua, adanya kepentingan investasi. Terakhir, adanya kepentingan perdagangan. Dari ketiga motif tersebut, motif yang paling mempengaruhi dalam bantuan luar negeri W-GDP merupakan motif dari kepentingan investasi. Melalui motif kepentingan investasi Amerika Serikat akan mendapatkan keuntungan investasi yang berkelanjutan di negara tujuan serta juga akan mendapatkan akses baik secara ekonomi maupun politik di negara tujuan penerima bantuan luar negeri W-GDP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Anita Afriani. S, S.IP, M. Si
Uncontrolled Keywords: Bantuan W-GDP, Motif, Amerika Serikat, Donald Trump
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:50
Last Modified: 05 Oct 2021 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84392

Actions (login required)

View Item View Item