Kebijakan Persediaan Suku Cadang Untuk Meminimasi Biaya Persediaan Pada Perusahaan Service Mobil

Nabila, Khairunnisa (2021) Kebijakan Persediaan Suku Cadang Untuk Meminimasi Biaya Persediaan Pada Perusahaan Service Mobil. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH_NABILA KHAIRUNNISA_1710933018.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada umumnya perusahaan menerapkan Supply Chain Management (SCM) atau menajemen rantai pasok dalam bisnisnya untuk meningkatkan efisiensi pada proses logistik perusahaan. Tujuan SCM adalah untuk meminimalkan total biaya rantai pasok, salah satunya adalah biaya persediaan Kesalahan dalam penentuan jumlah persediaan dapat menyebabkan peningkatan biaya. Selain itu juga berdampak terhadap kondisi kekurangan persediaan (stockout) pada saat terjadi fluktuasi permintaan maupun kelebihan persediaan (overstock) di gudang. PT X merupakan salah satu perusahaan distributor yang bergerak dibidang service mobil dan jual beli sparepart mobil. Permintaan akan suku cadang ini tidak pasti sehingga menyebabkan angka penjualannya berfluktuasi akibatnya jumlah persediaan tidak optimal. Berdasarkan wawancara didapatkan bahwa permasalahan persediaan yang dihadapi oleh perusahaan saat ini yaitu terjadinya kelebihan persediaan suku cadang atau yang dikenal dengan istilah overstock. Berdasarkan permasalahan yang terjadi diperusanaan, diperlukan upaya penanganan yaitu dengan melakukan pengendalian persediaan suku cadang di PT X untuk dapat merumuskan kebijakan persediaan dalam meminimumkan total biaya persediaan. Tahapan peneitian diawali dengan mengklasifikasikan suku cadang menggunakan analisis ABC. Kemudian melakukan pengendalian persediaan kategori A menggunakan model Q probabilistik dan untuk kategori B dan C menggunakan model joint replenishment deterministik + safety stock. Hasil yang didapatkan berdasarkan penelitian yaitu klasifikasi suku cadng yang termasuk kategori A sebanyak 24 item, kategori B sebanyak 15 item, dan kategori C sebanyak 13 item suku cadang. Perumusan kebijakan persediaan usulan dapat meminimasi biaya pemesanan suku cadang sebesar 71,60% atau Rp16.041.678,29. Biaya simpan pada kebijakan usulan dapat diminimasi biaya sebesar 36,40% atau Rp8.216.388,56. Sehingga biaya total persediaan dapat diminimasi sebesar 0,4136% atar sebesar Rp24.258.066,85.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna
Uncontrolled Keywords: Analisis ABC, Biaya Persediaan, Joint Replenishment, Kebijakan Persediaan, Model Q Probabilistik.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 01 Oct 2021 08:22
Last Modified: 01 Oct 2021 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84372

Actions (login required)

View Item View Item