Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2008 - 2019)

Ami, Saputri (2021) Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2008 - 2019). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Good Corporate Governance (GCG) secara langsung dan secara tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Variabel penerapan GCG diukur dengan menggunakan skor dari Corporate Governance Perception Index (CGPI), sedangkan variabel nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q dan kinerja keuangan diukur dengan Return on Asset (ROA). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2008-2019. Berdasarkan metode purposive sampling yang digunakan untuk pemilihan sampel, sehingga didapatkan 51 observasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik inferensial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data SEM-PLS dengan menggunakan bantuan software WarpPLS 7.0. Sehingga hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu penerapan GCG berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian, penerapan GCG berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Terakhir, penerapan GCG secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Kata Kunci : Penerapan Good Corporate Governance (GCG), Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:19
Last Modified: 04 Oct 2021 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84293

Actions (login required)

View Item View Item