MENYOAL KONSEP BUDAK CINTA (BUCIN) DALAM BERPACARAN DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Berpacaran di Kecamatan Padang Timur Kota Padang)

DHIA, FADHILAH (2021) MENYOAL KONSEP BUDAK CINTA (BUCIN) DALAM BERPACARAN DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Berpacaran di Kecamatan Padang Timur Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
W COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 W.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
penutup.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
PDF SKRIPSI DHIA FADHILAH (FIX).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK DHIA FADHILAH, 1710813016, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi: Menyoal Konsep Budak Cinta (Bucin) Dalam Berpacaran Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Berpacaran Di Kecamatan Padang Timur Kota Padang). Pembimbing Drs. Wahyu Pramono, M.Si. Hubungan berpacaran sangat sering dilakukan pada saat memasuki usia remaja. Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) remaja adalah penduduk dalam rentang usia 10-24 tahun dan belum menikah. Sehingga pada usia inilah banyak dari para remaja yang mulai mengenali dan berhubungan dengan lawan jenisnya. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa dalam bangku perkuliahan merupakan tahap akhir bagi para remaja untuk menemukan pasangannya sebelum memasuki hubungan yang lebih serius (pernikahan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbudakan dalam berpacaran terjadi di kalangan mahasiswa dan mengetahui apa saja jenis dan bentuk yang menjadi pendorong seseorang untuk menjadi pelaku budak cinta pada mahasiswa yang berada di kecamatan Padang Timur Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen dengan pemilihan informan penelitian menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Fenomenologi oleh Alfred Schutz. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat dua jenis perbudakan yang terjadi oleh mahasiswa yaitu yang pertama didasarkan oleh inisiatif individu itu sendiri yang ingin menunjukan dan melakukan pengorbanan apa saja untuk membahagiakan pasangannya, baik itu dari segi waktu, tenaga bahkan materi dan didasarkan oleh rasa cinta yang teramat dalam untuk pasangannya. Kemudian yang kedua didasarkan oleh adanya tuntutan dan permintaan dari pasangannya, adanya beberapa sifat dari pasangan pelaku budak cinta yang sering menuntut berbagai hal kepada pasangannya tuntutan tersebut juga dapat berupa waktu, tenaga dan juga materi. Kata Kunci: Mahasiswa Pacaran, Budak Cinta, Perbudakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs.Wahyu Pramono,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mahasiswa Pacaran, Budak Cinta, Perbudakan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:57
Last Modified: 04 Oct 2021 02:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84226

Actions (login required)

View Item View Item