Rudi, Efendi (2021) SOSIALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN : SUATU STUDI DI DUA SEKOLAH PERAIH ADIWIYATA MANDIRI DI KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan Abstrak.pdf - Published Version Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (674kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Akhir)
BAB VI.pdf - Published Version Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka 1.pdf - Published Version Download (307kB) | Preview |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada tahun 2017 lalu, MAN 1 Padang dan SMA Adabiah 2 Padang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tertinggi yaitu Adiwiyata Mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sosialisasi karakter peduli lingkungan, untuk mengetahui indikator karakter peduli lingkungan, untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meraih Adiwiyata Mandiri, unuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan Adiwiyata, serta untuk mengetahui penerapan prinsip dan komponen Adiwiyata di MAN 1 Padang dan SMA Adabiah 2 Padang. Untuk memahami permasalahan ini, penulis menggunakan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Metode penelitian adalah kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Argumen pokok penelitian ini adalah pertama, Kepala sekolah dan guru-guru berperan dalam mengenalkan konsep Adiwiyata melalui sosialisasi sehingga adanya eksternalisasi. Eksternalisasi ini adalah suatu pencurahan kedirian manusia terus-menerus ke dalam dunia, baik dalam aktivitas fisis maupun mentalnya. Kedua, objektivasi otomatis terjadi dalam diri siswa setelah mengenali program adiwiyata ini, maka dalam diri siswa mulai terbiasa dengan prilaku yang terkait adiwiyata. Ketiga, internalisasi kesadaran lingkungan akan terjadi dengan baik, jika eksternalisasi dan obyektivasi berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Damsar, MA |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 04:15 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 04:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84211 |
Actions (login required)
View Item |