HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI WANITA USIA SUBUR DENGAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA TAHUN 2021

Miftahul, Jannah (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI WANITA USIA SUBUR DENGAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak .pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Kanker serviks merupakan penyebab kematian nomor 2 di Indonesia dengan rata-rata kematian 13,9 orang per 100 ribu penduduk. Tingginya angka kematian akibat kanker serviks ini disebabkan karena masih banyak wanita yang tidak melakukan deteksi dini kanker serviks secara dini. Pemeriksaan IVA dapat dijadikan salah satu upaya preventif kanker serviks di negara berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan motivasi wanita usia subur dengan pemeriksaan IVA di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya. Metode Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya pada bulan Mei-Juni 2021. Populasi penelitian ini adalah wanita usia subur yang berusia 15-49 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini 89 subjek. Pengambilan sampel perkelurahan dengan teknik consecutive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis statistik yang digunakan adalah univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang tidak pernah melakukan pemeriksaan IVA sebesar 59,6%, yang memiliki tingkat pengetahuan kurang sebesar 24,7% dan yang memiliki motivasi rendah sebesar 42,7%. Hasil analisis Bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan (p= 0,001), dan motivasi (p= 0,001) wanita usia subur dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat. Kesimpulan Dari hasil penelitian ini didapatkan hubungan antara tingkat pengetahuan dan motivasi wanita usia subur dengan pemeriksaan IVA. Disarankan kepada petugas kesehatan untuk melakukan evaluasi mengenai program pemeriksaan IVA dan lebih giat lagi melakukan sosialisasi seperti membentuk kerja sama dengan lintas sektor dan melakukan penyebaran informasi secara online sehingga informasi yang didapatkan WUS lebih merata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Laila Rahmi, SST., M.Keb
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan,motivasi, pemeriksaan IVA
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:24
Last Modified: 27 Sep 2021 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84107

Actions (login required)

View Item View Item