Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Overweight pada Siswa SMP N 8 Padang Selama Masa pandemi Covid-19 Tahun 2021

Jihan, Alfira (2021) Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Overweight pada Siswa SMP N 8 Padang Selama Masa pandemi Covid-19 Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_JIHAN ALFIRA_1711222006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Angka kejadian overweight di dunia maupun di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahun. Prevalensi kejadian overweight pada remaja sebesar 11,2%. Salah satu penyebab kejadian overweight pada remaja adalah pola makan dan aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan kejadian overweight pada remaja di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi cross sectional. Penelitian dilakukan di SMPN 8 Padang selama masa pandemi Covid-19 dari bulan Februari – Mei. Dimana dari 75 orang sampel, 73 diantaranya memenuhi kriteria penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan form SQ-FFQ dan kuisioner aktivitas fisik Indeks Baecke. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 64,4% siswa memiliki status gizi overweight, pola makan baik hanya 41,1% siswa, dan aktivitas fisik sedang sebesar 47,9% siswa. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola makan dengan kejadian overweight (p-value=0,002) dan terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kejadian overweight (p-value=0,015). Pola makan dan aktivitas fisik berhubungan dengan kejadian overweight. Disarankan kepada remaja untuk dapat memperhatikan pola makan dan meningktakan aktivitas fisik dengan pedoman gizi seimbang selama masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Uncontrolled Keywords: Overweight, Pola Makan, dan Aktivitas Fisik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:41
Last Modified: 28 Sep 2021 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84074

Actions (login required)

View Item View Item