HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER DENGAN KONSUMSI MAKANAN BERKOLESTEROL PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

Shofiyyah, Maghfuroh (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER DENGAN KONSUMSI MAKANAN BERKOLESTEROL PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit Jantung Koroner merupakan penyakit jantung yang paling ditakuti masyarakat dikarenakan penyakit ini dapat menyebabkan kematian secara mendadak. Mahasiswa keperawatan yang nantinya akan menjadi perawat memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menekan faktor risiko sehingga prevalensi PJK bisa menurun. Untuk menunjang hal tersebut diperlukan adanya pengetahuan yang baik mengenai nutrisi terhadap risiko penyakit jantung koroner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan tingkat pengetahuan faktor risiko penyakit jantung koroner dengan konsumsi makanan berkolesterol pada mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Andalas. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 143 responden dengan teknik propotional random sampling. Alat pengumpulan data pola makan menggunakan kuesioner food recall 2x24 jam yang diolah dengan bantuan aplikasi Nutrisurvey dan buku panduan porsimetri dan untuk tingkat pengetahuan menggunakan kuesioner HDFQ dan kuesioner pengetahuan risiko PJK berkaitan dengan konsumsi makanan kolesterol. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara tingkat pengetahuan faktor risiko PJK dengan asupan makanan kolesterol (p=0,612) dan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan risiko PJK berkaitan dengan makanan berkolesterol dengan asupan makanan berkolesterol (p=0,029). Hal ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk adanya tambahan materi mengenai nutrisi dan PJK yang diharapkan lebih terperinci pada makanan yang dapat meningkatkan risiko PJK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Makanan Berkolesterol, Pengetahuan, Penyakit Jantung Koroner
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:21
Last Modified: 27 Sep 2021 06:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84061

Actions (login required)

View Item View Item