PENGARUH TEKNOLOGI SONIC BLOOM DAN GELOMBANG CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS MICROGREEN PAKCOY ( Brassica rapa L. )

May, Zulfiani Putri (2021) PENGARUH TEKNOLOGI SONIC BLOOM DAN GELOMBANG CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS MICROGREEN PAKCOY ( Brassica rapa L. ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sonic bloom merupakan teknologi yang memanfaatkan gelombang bunyi dengan frekuensi tinggi yang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan memacu terbukanya mulut daun (stomata) dan dipadu dengan pemberian nutrisi. Pengembangan inovasi teknologi ini sangat efektif untuk meningkatkan laju pertumbuhan dan produktivitas microgreen pakcoy, terutama pada saat usia tanaman masih muda. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari teknologi sonic bloom dengan dua jenis musik dan dua gelombang cahaya terhadap pertumbuhan dan produktivitas microgreen Pakcoy, serta mengetahui jenis musik dan gelombang cahaya mana yang paling efektif pada pertumbuhan microgreen pakcoy. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen, dan mengggunakan ANOVA faktorial dengan dua perlakuan yaitu : 1)Musik (Jazz dan Klasik); 2) Gelombang Cahaya (UV-B dan Blue LED) dengan kontrol sebagai perbandingan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan Ada pengaruh pemberian musik dan gelombang cahaya terhadap pertumbuhan microgreen pakcoy (Brassica rapa L.). Hasil Pertumbuhan dan produktivitas microgreen pakcoy (Brassica rapa L.) pada perlakuan musik klasik (The Magic Flute - Queen of the Night Aria) dengan gelombang cahaya dengan lampu blue LED menunjukan hasil pertumbuhan terbaik dengan tinggi tanaman 41,4 mm, lebar daun 12,1 mm, jumlah daun terbanyak 3 helai, diameter batang 1,087 mm, serta bobot basah terbaik 0,095 gr dan memiliki hasil produktivitas terbaik senilai 0,000105 g/cm2 jika dibandingkan dengan perlakuan-perlakuan lainnya dan tanpa perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Sonic Bloom, Produktivitas, Microgreen, Pakcoy
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:07
Last Modified: 27 Sep 2021 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84032

Actions (login required)

View Item View Item