PENGARUH PENGGUNAAN PROBIOTIK Saccharomyces cerevisiae ASAL IKAN BUDU YANG DIINOKULASI PADA TEPUNG TALAS TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS, LEMAK ABDOMEN DAN ORGAN DALAM BROILER

Masri, Br Tarigan Girsang (2021) PENGARUH PENGGUNAAN PROBIOTIK Saccharomyces cerevisiae ASAL IKAN BUDU YANG DIINOKULASI PADA TEPUNG TALAS TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS, LEMAK ABDOMEN DAN ORGAN DALAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER ABSTRAK pdf.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
2. bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
3. bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL MASRI GIRSANG)
SKRIPSI FUL MASRI GIRSANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik Saccharomyces cerevisiae asal ikan budu yang diinokulasi pada tepung talas terhadap bobot hidup, persentase karkas, lemak abdomen dan berat organ dalam ayam broiler. Penelitian ini dilakukan di kandang Laboratorium Fakultas Peternakan Universitas Andalas Payakumbuh, 30 Juli - 3 September 2020. Penelitian menggunakan 80 ekor broiler dari strain Cobb CP-707. Kandang yang digunakan yaitu kandang box berukuran 100 cm x 50 cm sebanyak 20 unit dengan isi 4 ekor ayam per unit. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen yang dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan R1 (pakan komersial tanpa probiotik), R2 (pakan komersial + 0,2% probiotik), R3 (pakan komersial + 0,4% probiotik) dan R4 (pakan komersial + 0,6% probiotik). Peubah yang diamati adalah bobot hidup, persentase karkas, lemak abdomen dan berat organ dalam ayam broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan probiotik Saccharomyces cerevisiae dalam ransum ayam umur 5 minggu mampu memberi pengaruh nyata terhadap bobot hidup, namun belum mampu memberi pengaruh yang nyata terhadap karkas dan lemak abdomen broiler. Dosis penggunaan probiotik Saccharomyces cerevisisae 0,2% merupakan pemberian paling efektif dengan bobot hidup 2092.00 gr/e, persentase karkas 71.66%, lemak abdomen 1.55%, jantung 0.40 %, hati 1.83% dan ventrikulus 0.99%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Yetti Marlida., MS
Uncontrolled Keywords: Probiotik, Saccharomycec cerevisiae, Broiler, Tepung Talas.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:29
Last Modified: 27 Sep 2021 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84025

Actions (login required)

View Item View Item