HUBUNGAN ADIKSI BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI DI SMP 14 PADANG TAHUN 2013

Popita, Sari (2013) HUBUNGAN ADIKSI BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI DI SMP 14 PADANG TAHUN 2013. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Fulltext)
1740.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adiksi bermain game online merupakan Aktivitas bermain game online yang dilakukan secara berlebihan yang membawa pengaruh negatif pada remaja. Salah satunya adalah pemenuhan nutrisi. Setiap remaja harus mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai dengan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan Adiksi bermain game online pada remaja dengan pemenuhan kebutuhan Nurisi. Penelitian ini dilakukan di SMP 14 padang selama 2 minggu pada bulan Mei 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel berjumlah 127 orang yang diambil secara stratified random sampling. Pengumpulan data Adiksi menggunakan kuesioner dengan kategori adiksi memenuhi ≥4 kriteria adiksi dan kategori tidak adiksi memenuhi <4 kriteria adiksi. Untuk pemenuhan kebutuhan Nutrisi dengan menggunakan metode food Recall 2x24 jam hari yang tidak berturut-turut. Penelitian ini diolah secara univariat dan bivariat dengan menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77,2% responden termasuk kategori adiksi dan 22,8% responden termasuk tidak adiksi. Responden yang adiksi lebih dari separuh mengalami pemenuhan kebutuhan nutrisi kurang (59,4%). Secara Uji statistik dengan Uji Kolmogorov- Smirnov terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan adiksi bermain game online pada remaja dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi di SMP 14 Padang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada orang tua memberikan perhatian kepada anak dalam permainan dan memperhatikan pemenuhan kebutuhan nutrisi serta guru disekolah untuk dapat mengadakan kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan minat dan bakat siswa. Kata Kunci : Adiksi, Remaja, Bermain, Game Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 12 May 2016 06:53
Last Modified: 12 May 2016 06:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item