PENOLAKAN KOMUNITAS PADANG TAROK TERHADAP KEDATANGAN TRANSMIGRAN SUKU ANAK DALAM (SAD) DI NAGARI PADANG TAROK KECAMATAN KAMANG BARU KABUPATEN SIJUNJUNG

Indeska, Putra (2021) PENOLAKAN KOMUNITAS PADANG TAROK TERHADAP KEDATANGAN TRANSMIGRAN SUKU ANAK DALAM (SAD) DI NAGARI PADANG TAROK KECAMATAN KAMANG BARU KABUPATEN SIJUNJUNG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI-Penutup.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text (Tesis ilmiah utuh)
Tesis Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas penolakan transmigran Suku Anak Dalam di Nagari Padang Tarok Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi dan mendeskripsikan peran tokoh-tokoh masyarakat Nagari Padang Tarok yang menolak kedatangan transmigran Suku Anak Dalam, (2) mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab komunitas lokal Nagari Padang Tarok menolak kedatangan transmigran Suku Anak Dalam dan dianalisis menggunakan teori Eksklusi Sosial oleh Rene Lenoir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil: (1) Peran Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) (2) Peran Tungku Tigo Sajarangan yang terdiri atas: niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai. Selain itu menemukan faktor-faktor penyebab komunitas Padang Tarok menolak kedatangan transmigran Suku Anak Dalam, faktor internal yaitu: (1) Adanya Surat Pernyataan Bersama Niniak Mamak Pemangku Adat dengan Pemerintah yang mengharuskan peserta beragama Islam di Nagari Padang Tarok (2) Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah sesuai ajaran agama Islam sebagai landasan hidup Komunitas Lokal Nagari Padang Tarok (3) Prasangka Suku Anak dalam tidak memiliki agama (4) Suku Anak Dalam tidak mau memeluk agama Islam (mualaf) (5) Suku Anak Dalam bersedia memeluk agama resmi tetapi bukan Islam (6) Lingkungan tempat tinggal serta kebiasaan hidup Suku Anak Dalam sangat kumuh sehingga bertentangan dengan agama Islam yang mengedepankan kebersihan diri dan lingkungan (7) Suku Anak Dalam memiiliki kekuatan gaib (8) Adanya ketakutan komunitas lokal di Nagari Padang Tarok karena Suku Anak Dalam masih menjalani kehidupan dengan budaya yang primitif (9) Prasangka rumah yang sudah diberikan tidak ditempati oleh Suku Anak Dalam karena adanya budaya melangun (10) Prasangka Suku Anak Dalam memiliki kekebalan terhadap hukum negara (11) Suku Anak Dalam sangat tertutup dan jarang bersosialisasi dengan masyarakat (12) Suku Anak dalam sering mengambil hasil tanaman masyarakat. Sedangkan faktor eksternal yaitu: (1) Tokoh masyarakat dan komunitas lokal di Nagari Padang Tarok belum menerima sosialisasi dan informasi terkait kedatangan transmigran Suku Anak Dalam (2) Departemen Transmigrasi pusat terlalu memaksakan memasukan program transmigrasi Suku Anak Dalam ke Nagari Padang Tarok tanpa memperhatikan isi surat pernyataan bersama antara niniak mamak dengan Pemerintah Daerah (3) Warga transmigran Jawa ikut menolak kedatangan transmigran Suku Anak Dalam (4) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung kurang berusaha meyakinkan komunitas lokal Padang Tarok terkait transmigran Suku Anak Dalam. Oleh sebab itu dibutuhkan sosialisasi serta kerjasama dengan semua pihak yang terlibat dalam program transmigrasi agar dapat berjalan dengan lancar kedepannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Indraddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Transmigrasi, Penolakan, Komunitas Lokal, Peran, Suku Anak Dalam
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:05
Last Modified: 27 Sep 2021 03:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83928

Actions (login required)

View Item View Item