FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN IBU DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA REMAJA DI RW 08 KELURAHAN ANDURING KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2021

Ulfa, Fadhila Farhan (2021) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN IBU DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA REMAJA DI RW 08 KELURAHAN ANDURING KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini remaja sangat butuh dampingan orang tua terutama ibu dalam memberikan pendidikan dan pengawasan sehingga anak terhindar dari tindak kejahatan kekerasan seksual. Tahun 2019, Kecamatan Kuranji memiliki 5 kasus kekerasan seksual pada anak tertinggi di Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tindakan ibu dalam pencegahan kekerasan seksual pada remaja di RW 08 Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang tahun 2021. Metode Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Agustus 2021. Populasi pada penelitian ini seluruh ibu di wilayah RW 08 Kelurahan Anduring sebanyak 268, dengan sampel sebanyak 69 ibu. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil Berdasarkan hasil uji bivariat didapatkan hasil nilai p-value: tingkat pengetahuan p= 0,000, sikap p= 0,012, tingkat pendidikan p= 0,356, paparan media informasi p= 0,005, dan peran masyarakat p= 0,000. Hasil analisis multivariat didapatkan variabel yang paling berhubungan dengan tindakan ibu dalam pencegahan kekerasan seksual pada remaja yaitu tingkat pengetahuan ibu dengan POR= 18,041. Kesimpulan Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, paparan media informasi dan peran masyarakat dengan tindakan ibu dalam pencegahan kekerasan seksual pada remaja di RW 08 Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang tahun 2021. Variabel yang paling berpengaruh yaitu tingkat pengetahuan ibu, untuk itu diharapkan agar ibu lebih giat dalam mencari informasi dalam menambah ilmu pengetahuan mengenai pencegahan kekerasan seksual pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yessy Markolinda, S.Si, M.Repro
Uncontrolled Keywords: Ibu, tindakan pencegahan, kekerasan seksual, remaja
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:35
Last Modified: 27 Sep 2021 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83847

Actions (login required)

View Item View Item