EKSISTENSI PEREMPUAN SEBAGAI JURNALIS MEDIA MASSA DI KOTA PADANG (Studi Fenomenologi pada Jurnalis Perempuan yang Bekerja di Harian Haluan)

Winda, Nelfira (2021) EKSISTENSI PEREMPUAN SEBAGAI JURNALIS MEDIA MASSA DI KOTA PADANG (Studi Fenomenologi pada Jurnalis Perempuan yang Bekerja di Harian Haluan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

ABSTRAK EKSISTENSI PEREMPUAN SEBAGAI JURNALIS MEDIA MASSA DI KOTA PADANG (Studi Fenomenologi pada Jurnalis Perempuan yang Bekerja di Harian Haluan) Oleh: Winda Nelfira 1610861012 Pembimbing: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si Rinaldi, M.I.Kom Fenomena perempuan bekerja sebagai jurnalis secara kuantitas masih belum setara dibandingkan dengan laki-laki bekerja sebagai jurnalis. Namun, ketimpangan jumlah ini tidak menjadi masalah bagi jurnalis perempuan yang bekerja di Harian Haluan Kota Padang. Sebab berdasarkan profesionalitas kerja, jurnalis perempuan mampu menunjukkan kompetensi yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengalaman dari eksistensi jurnalis perempuan yang bekerja di Harian Haluan Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori Fenomenologi oleh Alfred Schutz dan teori Konstruksi Sosial atas Realitas untuk menjelaskan pemaknaan profesi jurnalis bagi jurnalis perempuan yang bekerja di Harian Haluan Kota Padang melalui pengalaman komunikasi dengan menggunakan konsep dialektika eksternalisasi, internalisasi, dan objektivasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan Pendekatan Fenomenologi Alfred Schutz. Adapun paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semiterstruktur dan observasi nonpartisipan kepada tiga orang jurnalis perempuan yang bekerja di Harian Haluan Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman eksistensi jurnalis perempuan yang bekerja di Harian Haluan kota Padang dilatarbelakangi karena adanya motif sebab dan motif tujuan, dukungan sosial dari keluarga, dan kemampuan diri. Sedangkan pemaknaan profesi jurnalis bagi jurnalis perempuan juga melalui proses yang panjang. Pada proses eksternalisasi, jurnalis perempuan yang bekerja di Harian Haluan memaknai profesi jurnalis sebagai profesi bekerja di depan kamera, pekerjaan lapangan yang berpanas-panasan, serta profesi penuh keanehan. Pada proses objektivasi jurnalis perempuan memaknai profesi jurnalis sebagai pekerjaan yang tidak kenal waktu, pekerjaan penuh tantangan dan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam menulis. Lebih lanjut, pada proses internalisasi jurnalis perempuan memaknai profesi jurnalis sebagai pekerjaan tinggi dan disegani, pekerjaan dengan waktu yang fleksibel, dan pekerjaan bermanfaat. Kata Kunci: Jurnalis Perempuan, Eksistensi, Pengalaman, dan Pemaknaan Profesi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:03
Last Modified: 27 Sep 2021 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83679

Actions (login required)

View Item View Item