Respon Pertumbuhan Setek Batang Kantong Semar (Nepenthes reinwardtiana Miq.) Dengan Pemberian Berbagai Konsentrasi Indole Butyric Acid (IBA)

Dwi, Amalia Andini (2021) Respon Pertumbuhan Setek Batang Kantong Semar (Nepenthes reinwardtiana Miq.) Dengan Pemberian Berbagai Konsentrasi Indole Butyric Acid (IBA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Dwi Amalia Andini revisi setelah KOMPRE fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

Kantong semar (Nepenthes sp.) adalah salah satu tanaman hias yang menjadi populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu bentuk dan warna kantong yang bervariasi dan unik. Nepenthes sp. dapat digunakan sebagai tanaman obat tradisional dan petunjuk indikator iklim. Nepenthes reinwardtiana Miq. tumbuh baik di dataran rendah. Nepenthes jenis ini memiliki kantong dengan warna hijau atau merah marun dan ditemukan 2 spot mata pada bagian dalam kantongnya. Akibat dari potensi Nepenthes reinwardtiana Miq. yang begitu banyak dimanfaatkan, menyebabkan populasinya terus menurun dan semakin langka. Upaya penyelamatan dari ancaman kepunahan dapat dilakukan melalui usaha konservasi in-situ ataupun ex-situ. Salah satu caranya adalah dengan teknik perbanyakan vegetatif secara setek batang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi IBA (Indole Butyric Acid) yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan setek batang Nepenthes reinwardtiana Miq. penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 - Maret 2021 di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu 0 ppm, 5 ppm, 10 ppm, 15 ppm, dan 20 ppm serta 3 ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F pada taraf 5% dan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian IBA berbagai konsentrasi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan setek tanaman Nepenthes reinwardtiana Miq.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yusniwati, SP. MP.
Uncontrolled Keywords: Setek batang, Nepenthes reinwardtiana Miq., IBA, zat pengatur tumbuh, auksin
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:03
Last Modified: 17 Nov 2021 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83419

Actions (login required)

View Item View Item