Perancangan Kompensator Daya Reaktif pada Generator Induksi Terhubung ke Grid dengan Metoda Switching Capacitor Binary Weighted Berbasis PLC

Ahmad, Ahmad (2021) Perancangan Kompensator Daya Reaktif pada Generator Induksi Terhubung ke Grid dengan Metoda Switching Capacitor Binary Weighted Berbasis PLC. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & abstrak)
01 Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
02 BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
03 BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
05 TUGAS AKHIR LENGKAP - AHMAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Saat generator induksi pada pembangkit terinterkoneksi ke sistem tenaga (grid), daya reaktif diserap dari sistem tenaga tersebut. Hal ini dapat meningkatkan rugi-rugi saluran, turunnya faktor daya serta penurunan tegangan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem kompensasi untuk mengganti daya reaktif yang diserap dari grid serta dapat merespon penyerapan daya reaktif yang berubah-ubah secara akurat sehingga kerugian dapat diminimalisir. Penelitian ini dimulai dengan menentukan kebutuhan daya reaktif pada mesin induksi untuk menentukan nilai kapasitor yang akan digunakan (kapasitor tetap dan kapasitor variabel). Kapasitor tetap dirangkai dalam hubungan delta tanpa penyaklaran untuk kebutuhan magnetisasi generator induksi. Sedangkan kapasitor variabel dirangakai dalam hubungan bintang 4 tingkatan dengan skema penyaklaran binary weighted untuk merespon perubahan kebutuhan daya reaktif. Hasilnya didapat nilai kapasitor yang dipasang adalah kapasitor tetap 8 µF dan kapasitor variabel 0,5 µF, 1µF, 2µF, dan 4µF. Kombinasi kapasitor ini dirakit menjadi kompensator dengan kontroler PLC dan rangkaian pengganti transduser daya reaktif. Hasil pengujian kompensator ini menunjukan tidak adanya kesalahan pada penyaklaran, dan error kompemsasi mencapai 0,41%. Kompensator daya rektif yang dirancang sudah bekerja sesuai dengan rancangan awal, dimana nilai daya reaktif yang dikompensasi selalu berada dalam batas toleransi yang ditetapkan. Selain itu kompensator ini telah menurunkan hampir keseluruhan konsumsi daya reaktif pada generator induksi terhubung ke grid dangan rata-rata error kompensasi 0,41%. Harapan penulis, peneliti selanjutnya dapat meningkatkan rancangan dengan tidak mengasumsikan sistem dalam keadaan setimbang, lebih memperhatikan kulaitas komponen yang digunakan seperti kestabilan sensor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Refdinal Nazir, Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Daya reaktif, penyaklaran kapasitor, binary weighted
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:47
Last Modified: 01 Oct 2021 03:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83387

Actions (login required)

View Item View Item