Pembangunan Sistem Informasi Presensi Belajar dari Rumah Berbasis Mobile Menggunakan Teknologi Geofencing: Studi Kasus Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas

Rahmania, Jasmin (2021) Pembangunan Sistem Informasi Presensi Belajar dari Rumah Berbasis Mobile Menggunakan Teknologi Geofencing: Studi Kasus Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Presensi memiliki peranan penting dalam evaluasi dan penilaian mahasiswa. Pada masa pandemi Covid-19 ini, di mana perkuliahan dilakukan secara daring, sistem presensi pun berlaku sama. Namun, sistem presensi pada Learning Management System yang digunakan masih berjalan secara manual dan belum terorganisasi serta terdokumentasi dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dibangun sebuah sistem informasi untuk memudahkan jurusan dalam pengelolaan presensi dan mahasiswa dalam pengisian presensi secara otomatis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, merancang, membangun, serta menguji sistem informasi presensi Belajar dari Rumah pada Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas (JSI Unand) dengan menggunakan teknologi geofencing. Teknologi geofencing berguna untuk membatasi mahasiswa agar tetap berada di rumahnya saat perkuliahan daring berlangsung. Sistem informasi ini dikembangkan dengan metode waterfall pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black box testing pada keseluruhan fungsional sesuai dengan rancangan awal sistem dan kebutuhan user. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi yang dibangun sudah sesuai dengan fungsional yang dibutuhkan user. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi presensi Belajar dari Rumah berbasis mobile menggunakan teknologi geofencing pada JSI Unand. Manfaat yang diharapkan dari dibangunnya sistem presensi ini agar dapat memudahkan rekapitulasi presensi, menyederhanakan proses presensi bagi mahasiswa, dan meningkatkan validitas presensi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Husnil Kamil, M.T.
Uncontrolled Keywords: presensi, perkuliahan daring, sistem informasi, Android, geofencing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:09
Last Modified: 04 Oct 2021 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83203

Actions (login required)

View Item View Item