ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN DAUN GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) MENJADI TEH GAMBIR (STUDI KASUS PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) SAMBAL DI NAGARI TALANG MAUR KECAMATAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA)

Febrisa, Reflia Putri (2021) ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN DAUN GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) MENJADI TEH GAMBIR (STUDI KASUS PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) SAMBAL DI NAGARI TALANG MAUR KECAMATAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK FEBRISA REFLIA PUTRI.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN FEBRISA REFLIA PUTRI.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN FEBRISA REFLIA PUTRI.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FEBRISA REFLIA PUTRI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FEBRISA REFLIA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya nilai tambah serta distribusi nilai tambah dari kegiatan produksi teh gambir oleh Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Sambal. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metoda analisis data yang digunakan untuk menganalisis besarnya nilai tambah menggunakan metode nilai tambah Hayami. Hasil perhitungan nilai tambah sebesar Rp71.340,755 dengan rasio nilai tambah 47,56% tergolong ke dalam kategori tinggi. Dari nilai tambah yang dihasilkan dinikmati untuk tenaga kerja sebesar Rp 50.400 atau 70,65% dan untuk keuntungan perusahaan sebesar Rp20.940,76 atau 13,96%. Margin yang dihasilkan sebesar Rp 145.000 yang distribusikan kepada sumbangan input lain sebesar 50,80% dengan jumlah Rp 73.659,245, keuntungan pengusaha sebesar 14,44% dengan jumlah Rp 20.940,76 dan pendapatan tenaga kerja sebesar 34,76% dengan jumlah Rp 50.400. Dari pengolahan daun gambir menjadi teh gambir didapatkan keuntungan sebesar Rp 209.407,6 per satu kali produksi. Disarankan kepada KUBE Sambal jika ingin meningkatkan nilai tambah agar meningkatkan kapasitas atau jumlah produksinya dan melakukan produksi setiap waktu serta memperluas pemasaran. Pemerintah diharapkan dapat memberikan informasi dan memfasilitasi petani gambir bahwa usaha pengolahan teh gambir dapat menjadi peluang usaha dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Rahmat Syahni Z., MS. M.Sc. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Nilai Tambah, Distribusi, Teh Gambir
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:43
Last Modified: 23 Sep 2021 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83196

Actions (login required)

View Item View Item