PENGARUH PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK WARETHA PADA PERIODE PEMULIHAN SETELAH PEMBATASAN PAKAN TERHADAP INTAKE PROTEIN, LAJU PERTUMBUHAN, KARKAS, INTAKE ENERGI DAN LEMAK ABDOMEN ITIK PITALAH

ALIFMAN, YUZIM (2021) PENGARUH PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK WARETHA PADA PERIODE PEMULIHAN SETELAH PEMBATASAN PAKAN TERHADAP INTAKE PROTEIN, LAJU PERTUMBUHAN, KARKAS, INTAKE ENERGI DAN LEMAK ABDOMEN ITIK PITALAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (penutup))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (Sripsi full text)
skripsi ALIFMAN YUZIM full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ransum komersil dengan penambahan probiotik Waretha pada periode pemulihan setelah pembatasan pakan terhadap intake protein, laju pertumbuhan, karkas, intake energi dan lemak abdomen Itik Pitalah. Penelitian menggunakan 100 ekor itik Pitalah jantan umur 1 hari sampai 8 minggu. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kelompok bobot badan sebagai ulangan, setiap ulangan terdiri dari 5 ekor itik, dengan perlakuan yang diamati yaitu perlakuan A pemberian pakan tidak dibatasi, perlakuan B, C pakan dibatasi 45% kemudian pemulihan dengan pakan komersil BR-1 dan BR-2 sedangkan perlakuan D, E dibatasi 45% kemudian pemulihan dengan pakan komersil ditambah bakteri Waretha (D = BR-1 ditambah Waretha dan E = BR-2 ditambah Waretha). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ransum komersil dengan penambahan probiotik Waretha pada periode pemulihan setelah pembatasan pakan berpengaruh tidak nyata (P>0,5) terhadap intake protein, laju pertumbuhan, karkas, intake energi dan persentase lemak abdomen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengunaan ransum komersil Br1, Br2 ataupun Br1, Br2 ditambah Waretha setelah pemulihan tidak mempengaruhi intake protein laju pertumbuhan, karkas, intake energi dan lemak abdomen pada itik Pitalah jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR.IR. SABRINA,MP
Uncontrolled Keywords: Pemulihan, Intake Protein, Karkas, Laju Pertumbuhan, Intake Energi, lemak Abdomen
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:53
Last Modified: 28 Sep 2021 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83176

Actions (login required)

View Item View Item