KEMAMPUAN ANTAGONIS Trichoderma TERHADAP Rhizoctonia solani KUEHN PENYEBAB PENYAKIT HAWAR PELEPAH PADA TANAMAN PADI SECARA IN VITRO

Suryanur, Kurniawan (2021) KEMAMPUAN ANTAGONIS Trichoderma TERHADAP Rhizoctonia solani KUEHN PENYEBAB PENYAKIT HAWAR PELEPAH PADA TANAMAN PADI SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
suryanur kurniawan pdf-17-19.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
suryanur kurniawan pdf-51.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
suryanur kurniawan pdf-52-58.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
suryanur kurniawan pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penyakit hawar pelepah yang disebabkan oleh Rhizoctonia solani merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman padi. Salah satu cara pengendaliannya adalah penggunaan Trichoderma spp. sebagai agens hayati. Trichoderma telah banyak ditemukan memiliki kemampuan antagonis yang bervariasi terhadap patogen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan spesies Trichoderma yang efektif menghambat pertumbuhan R. solani penyebab penyakit hawar pelepah pada tanaman padi secara in vitro. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari kontrol, 2 spesies Trichoderma rizosfer (T. viride dan T. harzianum) dan 3 spesies Trichoderma asperellum endofit (SD 327, SD 324, A116) dan pestisida berbahan aktif tebukonazol sebagai pembanding. Pengujian Trichoderma spp. terhadap R. solani dilakukan dengan metode biakan ganda dan metode uap biakan. Semua spesies Trichoderma yang diperlakukan mampu menghambat pertumbuhan R. solani dengan daya hambat 70,85%-72,56% pada metode biakan ganda, 59,40%-70,91% pada metode uap biakan dan mampu mencegah terbentuknya sklerotia. Trichoderma viride dan Trichoderma asperellum SD 324 merupakan spesies yang lebih efektif dengan rata-rata daya hambat 71,15% dan 71,14%. Kata kunci: mekanisme antagonis, metode biakan ganda, metode uap biakan, Rhizoctonia solani, Trichoderma spp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Martinius, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:36
Last Modified: 08 Nov 2021 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83115

Actions (login required)

View Item View Item