Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis WhatsApp Group Terhadap Perilaku Caregiver Lansia Dengan Comorbid Dalam Pencegahan Infeksi COVID-19 di Kota Palembang

IRWADI, IRWADI (2021) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis WhatsApp Group Terhadap Perilaku Caregiver Lansia Dengan Comorbid Dalam Pencegahan Infeksi COVID-19 di Kota Palembang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII akhir.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (761kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Coronavirus Disease (COVID-19) merupakan penyakit yang dapat disebarkan antarmanusia melalui droplet seperti batuk atau bersin yang dapat menginfeksi saluran pernafasan. Lansia menjadi kelompok paling rentan dan mengalami perburukan ketika terinfeksi, terutama lansia dengan penyakit comorbid. Faktor lain yang dapat meningkatkan resiko infeksi pada lansia yaitu kurangnya pengetahuan, sikap dan tindakan caregiver lansia tentang pencegahan COVID-19. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan caregiver lansia tentang pencegahan COVID-19. Adanya pandemik ini strategi yang bisa digunakan untuk memberikan pendidikan kesehatan melalui media sosial salah satunya aplikasi WhatsAppGroup. Tujuan penelitian diketahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis WhatsAppGroup terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan caregiver lansia dengan comorbid dalam pencegahan infeksi COVID-19. Desain penelitian Quasi Eksperimen Pre Posttest With Non¬Equivalent Control Group. Jumlah sampel 76 orang terdiri dari 38 kelompok intervensi dan 38 kelompok kontrol. Metode pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan teknik Sampel Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan didapat (p < α = 0.05). Pendidikan kesehatan berbasis WhatsAppGroup berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan caregiver lansia dengan comorbid dalam pencegahan infeksi COVID-19. Ini menunjukan pendidikan dengan menggunakan WhatsAppGroup dapat digunakan dalam upaya promotif dan preventif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Arina Widya Murni, SpPD-Kpsi., FINASIM
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, WhatsApp Group, Lansia, Comorbid, COVID-19
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:00
Last Modified: 23 Sep 2021 03:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83103

Actions (login required)

View Item View Item