ANALISIS EFEKTIVITAS KELOMPOK PADA KELOMPOK WANITA TANI REFORMASI 17 DI NAGARI SUMANI, KECAMATAN X KOTO SINGKARAK, KABUPATEN SOLOK DI MASA PANDEMI COVID-19

Marlia, Laisma (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS KELOMPOK PADA KELOMPOK WANITA TANI REFORMASI 17 DI NAGARI SUMANI, KECAMATAN X KOTO SINGKARAK, KABUPATEN SOLOK DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Marlia Laisma.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka(1).pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan Kelompok Wanita Tani Reformasi 17 dan menganalisis efektivitas kelompok yang dilihat dari aspek pendapatan anggota, pengetahuan dan keterampilan anggota serta kemampuan manajemen kelompok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan perhitungan efektivitas menggunakan skala likert. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan semua anggota Kelompok Wanita Tani Reformasi 17 serta literatur yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok WanitaTani Reformasi 17 sudah efektif dengan skor 1.978 (Rentang skor efektif : 1.651-2.250). Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya penambahan pendapatan anggota kelompok, terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok dalam bidang budidaya, bidang pemasaran dan manajemen kelompok termasuk kategori meningkat. Disarankan kepada Kelompok Wanita Tani Reformasi 17 agar lebih aktif lagi dalam melakukan penanaman agar produk yang dihasilkan lebih beragam dan juga bisa membuat produk olahan dari hasil panen tersebut sehingga memiliki ciri khas kelompok dengan nilai yang lebih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vonny Indah Mutiara, SP, MEM, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Analisis Efektivitas, Kelompok Tani Reformasi 17
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:14
Last Modified: 05 Oct 2021 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83095

Actions (login required)

View Item View Item